Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mie Sedaap Ditarik dari Sejumlah Negara, Wings Group Lakukan Investigasi

Wings Group melakukan investigasi untuk menindaklanjuti penarikan sejumlah varian produk Mie Sedaap dari sejumlah negara.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 11 Oktober 2022  |  19:49 WIB
Mie Sedaap Ditarik dari Sejumlah Negara, Wings Group Lakukan Investigasi
Mie Sedaap varian Korean Spicy ditarik dari pasar Hongkong karena diduga mengandung pestisida / Dok. CFS Hong Kong.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wings Group Indonesia melakukan investigasi untuk menindaklanjuti penarikan sejumlah varian produk Mie Sedaap dari sejumlah negara seperti Singapura dan Hong Kong karena disebut mengandung pestisida.

Wing Group menyatakan kandungan etilen oksida yang ditemukan pada bubuk cabai Mie Sedaap merupakan zat yang wajar dalam industri agrikultur.

Head of Corporate Communications & CSR Wings Group Indonesia Sheila Kansil menjelaskan merek-merek mie instan dan kategori makanan lainnya sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, dan lain sebagainya yang diproduksi oleh berbagai perusahaan yang berpusat di Jepang, Korea Selatan, Cina, India dan Filipina juga mengalami kejadian serupa

Dia menambahkan, negara yang melakukan pemeriksaan tidak hanya Taiwan, tetapi juga beberapa negara lainnya.

Menurutnya, penggunaan etilen oksida adalah hal umum di industri agrikultur sebagai zat sterilizer atau anti mikroba pada rempah-rempah dan biji-bijian yang masih digunakan hingga saat ini di Amerika Serikat, Kanada, dan berbagai negara lainnya.

"Namun demikian, Mie Sedaap memastikan tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," katanya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Selasa (11/10/2022).

Sheila mengatakan pihaknya sedang melakukan investigasi lebih lanjut dengan otoritas dalam negeri maupun negara-negara terkait.

Dia memastikan Mie Sedaap selalu sesuai pada standar keamanan pangan yang berlaku yakni Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia, Sertifikat Halal (MUI), Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan, Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

"Keamanan pangan dan keselamatan konsumen adalah prioritas utama kami. Yakinlah bahwa kami akan selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kami selalu berupaya menjaga kualitas produk Mie Sedaap dan untuk menjaga kepercayaan konsumen," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pangan Singapura (SFA) menarik sejumlah varian produk Mie Sedaap yaitu varian mi instan cup Mie Sedaap Korean Spicy Chicken, Mie Sedaap Kari Spesial, Mie Sedaap Korean Spicy Soup setelah ditemukan adanya kandungan pestisida.

Selain ditarik dari Singapura, beberapa varian produk Mie Sedaap juga sebelumnya ditarik dari pasar Hong Kong. Center of Food Safety (CFS) Hong Kong menemukan kandungan pestisida dalam sampel mi instan kemasan yang diimpor dari Indonesia, dengan merek dagang Mi Sedaap.

Pemerintah Hong Kong pun meminta para penjual Mi Sedaap varian Korean Spicy untuk berhenti memasarkan produk tersebut karena ditemukan kandungan pestisida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mie Sedaap wings Group wings food pestisida
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top