Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Switch Over Stasiun Manggarai, Area Transit Penumpang KRL Diperluas

Pengerjaan Switch Over atau SO lanjutan ke-6 di Stasiun Manggarai akan berlanjut pada akhir tahun ini sekitar November – Desember 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  15:36 WIB
Switch Over Stasiun Manggarai, Area Transit Penumpang KRL Diperluas
Penumpang berdesakan menuju peron 6 dan 7 yang digunakan untuk transit dari stasiun Manggarai ke stasiun Tanah Abangpada Minggu (29/5/2022) - Bisnis/Lukman Nur Hakim
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengerjaan Switch Over atau SO lanjutan ke-6 di Stasiun Manggarai akan berlanjut pada akhir tahun ini sekitar November – Desember 2022 untuk mengoptimalkan pelayanan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan Stasiun Manggarai merupakan stasiun transit tersibuk saat ini. Sebelum pandemi, jumlah penumpang di stasiun ini mencapai 200.000 per harinya.

Anne pun membandingkan saat ini pascapandemi, jumlah penumpang di Stasiun Manggarai telah mencapai angka tertinggi yaitu 150.000 penumpang per hari.

KAI Commuter pun bakal menambah frekuensi perjalanan seiring dengan mulai pulihnya kepadatan di Stasiun Manggarai. Salah satunya, melalui switch over lanjutan yang masih akan terus dilakukan hingga 2024.

“Ada dampak memang dari SO untuk perluasan area transit dan rekayasa. Yang pasti Stasiun Manggarai sebagai yang tersibuk harus membangun supaya waktu yang dihabiskan penumpang tidak banyak untuk menunggu. Jadi inilah pengerjaan di Stasiun Manggarai dilakukan SO pada November 2022,” kata Anne, Senin (18/10/2022).

Senada, Ditjen Perkeretaapian akan menyelesaikan pengembangan stasiun Manggarai secara menyeluruh pada 2025. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Rode Paulus menjelaskan stasiun Manggarai saat ini akan dipersiapkan menjadi stasiun sentral, yang melayani pergerakan penumpang KRL, penumpang KA Jarak Jauh dan juga Kereta bandara.

Stasiun Manggarai juga merupakan titik pertemuan KRL antara jalur lintas Bekasi dan Bogor. Rode mengatakan, pelayanan KRL di Stasiun Manggarai akan mengalami perubahan pola operasi.

Diharapkan agar penumpang dapat terbiasa dengan pelayanan yang ada. Rode mengatakan saat ini pembangunan masih dalam tahap satu, di mana pengerjaan hanya untuk penambahan jalur, ruangan layanan dan untuk operasi KRL. Untuk selanjutnya akan ada pembangunan tahap dua untuk optimalisasi layanan KRL dan KA Jarak Jauh.

"Setelah SO5, nanti di akhir tahun kita upayakan, mungkin di awal Desember itu ada SO 6 dari rangkaian SO 7 yang nanti akan kita laksanakan untuk pembangunan tahap dua di Stasiun Manggarai," ujarnya.

Untuk melayani penumpang KRL yang terus meningkat di Stasiun Manggarai, Rode menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan ruang tambahan untuk mengoperasikan jalur baru. Selain itu, KAI Commuter juga mengoperasikan trek baru yaitu jalur 3 dan 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl pt kai commuter line commuter line Stasiun Manggarai
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top