Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Kebijakan Fiskal dan Dampaknya ke Ekonomi

Kebijakan fiskal dibuat untuk menjaga kestabilan harga di pasar, sehingga tidak terjadi fluktuasi harga barang yang ekstrem.
Petugas pajak melayani warga yang mengikuti program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jakarta, Jumat (31/3)./Antara-Atika Fauziyyah
Petugas pajak melayani warga yang mengikuti program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jakarta, Jumat (31/3)./Antara-Atika Fauziyyah

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam investasi salah satu sentimen yang penting yakni kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal merupakan peraturan dan keputusan yang dibuat pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian makro.

Apa itu kebijakan fiskal? Simak selengkapnya mengenai kebijakan fiskal dikutip dari Pintu Academy pada Sabtu (8/10/2022).

Konsep kebijakan fiskal pertama kali dicetuskan oleh John Maynard Keynes dan digunakan secara meluas di seluruh dunia sejak Depresiasi Besar (Great Depression) yang terjadi setelah Perang Dunia I pada tahun 1929 silam.

Dalam gagasannya, Keynes mengungkapkan bahwa negara memiliki hak untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan melalui penetapan pajak dan pembuatan kebijakan lain yang bersifat makro.

Sesuai latar belakang tersebut, pengertian kebijakan fiskal adalah berbagai tindakan yang diambil pemerintah untuk mempengaruhi perekonomian negara supaya tetap stabil dan tumbuh dengan baik.

Sementara itu, pengertian kebijakan fiskal menurut OJK adalah segala kebijakan yang terkait dengan perpajakan, utang piutang, dan belanja pemerintah dengan tujuan ekonomi tertentu.

Tujuan Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal memiliki beberapa tujuan penting dalam kaitannya dengan perekonomian negara, antara lain:

Menjaga Stabilitas dan Mendorong Pertumbuhan Perekonomian

Stabilitas ekonomi menjadi salah satu tujuan utama pembuatan kebijakan. Dengan adanya kebijakan fiskal, pemerintah berharap seluruh sektor ekonomi seperti korporat, perbankan, dan usaha mikro bisa merasakan dampak positifnya dalam bentuk pertumbuhan ekonomi.

Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat

Pertumbuhan ekonomi sebuah negara tentu harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

Peningkatan kualitas SDM dapat memperkuat daya saing warga negara Indonesia di bursa kerja nasional maupun internasional, yang pada akhirnya akan berdampak positif pula bagi kesejahteraan hidup masyarakat.

Menjaga Harga Barang di Pasar Tetap Stabil

Kestabilan harga barang di pasar sangat penting untuk menjaga iklim perekonomian tetap positif. Banyak hal mempengaruhi perubahan harga seperti jumlah permintaan dan penawaran, atau aktivitas negatif seperti monopoli.

Kebijakan fiskal dibuat untuk menjaga kestabilan harga di pasar, sehingga tidak terjadi fluktuasi harga barang yang ekstrem. Dengan demikian, daya beli masyarakat akan tetap tinggi.

Menciptakan Iklim Investasi Positif

Tujuan kebijakan fiskal lainnya adalah untuk menciptakan iklim investasi yang positif di dalam negeri. Harapannya, kondisi ini akan mendatangkan semakin banyak investor yang tidak ragu lagi untuk menanamkan usahanya di Indonesia.

Datangnya investor dari dalam maupun luar negeri tidak hanya memajukan perekonomian, tetapi juga menambah penghasilan negara melalui pajak.

Ragam Implementasi Kebijakan Fiskal

Dilihat dari segi penerapan atau implementasi, jenis kebijakan fiskal dibedakan menjadi kebijakan fiskal ekspansif dan kebijakan fiskal kontraktif.

Kebijakan Fiskal Ekspansif (Expansionary Fiscal Policy)

Kebijakan ini dibuat ketika kondisi ekonomi melemah, sehingga pemerintah perlu mengambil tindakan konkret untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan cara memancing permintaan barang dan jasa agar mengalami peningkatan.

Pemerintah menggunakan kebijakan fiskal ekspansif untuk memperlambat jalannya fase resesi dengan cara meningkatkan anggaran belanja, memotong pajak, atau menerapkan kedua kebijakan tersebut sekaligus.

Dengan demikian, kondisi ekonomi masyarakat juga akan semakin baik yang akan berdampak pada meningkatnya aktivitas belanja. Ketika permintaan akan barang dan jasa meningkat, maka penawaran pun juga meningkat sehingga membuka peluang terciptanya lapangan kerja baru.

Kebijakan Fiskal Kontraktif (Contractionary Fiscal Policy)

Berlawanan dengan kebijakan fiskal ekspansif yang dibuat untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, maka kebijakan fiskal kontraktif dibuat untuk melambatkan pertumbuhannya. Pertumbuhan yang terlalu pesat juga bisa menimbulkan bahaya tersendiri bagi perekonomian negara.

Ketika iklim ekonomi menjadi sangat positif, kepercayaan diri para investor yang terlalu tinggi bisa menciptakan market bubble dan bahaya ekonomi lain yang tidak terduga. Kebijakan ini dibuat dengan meningkatkan tarif pajak dan mengurangi belanja pemerintah.

Contoh Kebijakan Fiskal

Untuk bisa memahami lebih lanjut mengenai apa itu kebijakan fiskal, berikut merupakan dua contoh kebijakan fiskal yang diterapkan di Indonesia.

Tax Amnesty

Tax amnesty atau pengampunan pajak adalah kebijakan pembebasan denda pajak dalam kurun waktu tertentu bagi masyarakat (baik individu maupun institusi). Kebijakan ini tertuang dalam UU No.11/2016 tentang Pengampunan Pajak.

Subsidi BBM

Dalam hal ini, pemerintah memberlakukan subsidi BBM agar harganya terjangkau oleh masyarakat kecil. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan akan semakin melancarkan mobilitas perekonomian dan mendorong terjadinya transaksi ekonomi yang lebih banyak lagi.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu kebijakan fiskal mulai dari pengertian, tujuan, contoh, dan jenis-jenis kebijakan fiskal. Sebelumnya, telah dibahas bagaimana kebijakan fiskal bisa mempengaruhi iklim investasi di sebuah negara. Belakangan ini, jenis investasi yang bisa dilakukan masyarakat pun semakin beragam mulai dari saham hingga crypto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper