Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pipa Gas Nord Stream Bocor, Eropa Segera Gelar Penyelidikan

Karena kasus kebocoran pipa gas Nord Stream, Eropa kemungkinan besar harus bertahan pada musim dingin tanpa aliran gas yang signifikan.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 27 September 2022  |  21:43 WIB
Pipa Gas Nord Stream Bocor, Eropa Segera Gelar Penyelidikan
Jaringan pipa gas - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak berwenang Eropa sampai saat ini masih menyelidiki kerusakan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada sistem pipa gas Nord Stream yang mengangkut gas Rusia ke wilayah tersebut.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (27/9/2022), karena kasus kebocoran gas ini, Eropa kemungkinan besar harus bertahan pada musim dingin tanpa aliran gas yang signifikan. Nord Stream mengatakan tidak mungkin untuk memprediksi kapan operasi akan dilanjutkan.

Meski demikian, para pemimpin Uni Eropa telah berulang kali menuduh Rusia menggunakan pasokan energi sebagai senjata mereka.

Penjaga Pantai Swedia mengatakan Jerman sedang menyelidiki tiga kebocoran gas secara bersamaan di Laut Baltik dari jalur pipa Nord Stream yang rusak. Kebocoran tersebut begitu besar sehingga terlihat di radar kapal-kapal di sekitarnya. Tak hanya itu, Denmark juga meningkatkan keamanan pada instalasi energinya.

Operator Nord Stream menjelaskan, kehancuran yang terjadi dalam satu hari di tiga jalur sistem pipa Nord Stream belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga tidak bisa diperkirakan jangka waktu pemulihannya.

"Sekarang tidak mungkin untuk memperkirakan jangka waktu untuk memulihkan operasi infrastruktur pengiriman gas." jelas Operator Nord Stream.

Penurunan tekanan pada hari Senin di dua jalur Nord Stream dan satu jalur Nord Stream 2 tidak dapat memengaruhi pasokan gas ke Eropa, karena jaringan pipa tidak berfungsi di tengah invasi Moskow ke Ukraina. Namun, pasar akan mengawasi setiap indikasi sabotase.

Selain itu, harga gas Eropa naik sebanyak 12 persen pada hari Selasa, setelah empat hari melemah.

Kepala Badan Energi Denmark Kristoffer Bottzauw mengatakan kebocoran gas menimbulkan risiko lingkungan dan keselamatan. sehingga Otoritas Maritim Denmark menyarankan kapal untuk menghindari daerah selatan dan tenggara pulau Bornholm setelah mendeteksi beberapa kebocoran gas di sekitar jaringan pipa.

"Kebocoran pipa gas sangat jarang terjadi, dan oleh karena itu kami meningkatkan tingkat kesiapan sebagai akibat dari peristiwa yang telah kami lihat selama 24 jam terakhir," jelasnya.

Dia juga menegaskan akan memantau secara menyeluruh infrastruktur penting Denmark untuk memperkuat keamanan pasokan ke depan.

Selain itu, diketahui tidak ada kebocoran Nord Stream yang terdeteksi di zona ekonomi eksklusif Finlandia dan Petteri Salli.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pipa gas nord stream eropa
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top