Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sikap Anteraja dan Tiki Soal Larangan Gratis Ongkir

Anteraja dan Tiki telah menentukan sikap terkait dengan larangan gratis ongkir dari Asperindo.
Ilustrasi jasa kurir
Ilustrasi jasa kurir

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tri Adi Bersama atau Anteraja dan PT Citra Van Titipan Kilat atau Tiki menyampaikan pandangan terkait dengan keikutsertaan jasa ekspres dalam program gratis ongkos kirim (ongkir) di sejumlah lokapasar (marketplace).

Sebelumnya, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) telah menerbitkan imbauan agar anggotanya tidak terlibat dalam program gratis ongkir di sejumlah marketplace.

VP Marketing and Sales Anterja Andri Hidayat memiliki perhitungan sendiri dalam kajian bisnis. Belum lagi, program tersebut berasal dan merupakan strategi bisnis dari marketplace yang menggunakan jasa layanannya.

"Program gratis ongkir ini, masih akan berjalan karena pertama itu kebijakan di marketplace yang kami kerja sama. Kalau disetop juga justru rasanya bertentangan dengan dorongan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi digital," ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Direktur Utama Tiki Yuliana Hastuti menilai program tersebut berkaitan dengan strategi bisnis dan strategi marketing yang tujuan akhirnya adalah untuk dapat meningkatkan penjualan dan menghasilkan profit.

"Dengan imbauan Asperindo, kami mungkin akan lebih banyak mengalihkan promosi bebas ongkir untuk program-program yang lebih mengarah kepada edukasi UMKM," katanya.

Selain promo dan kerja sama marketplace untuk ongkir, pihaknya juga mengalokasikan budget marketing pada membangun relasi dengan komunitas dan pelanggan melalui penyelenggaraan kegiatan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper