Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Cek BLT BBM Rp600.000 Lewat Hp, Login cekbansos.kemensos.go.id

Simak cara cek BLT BBM Rp600.000 lewat Hp Anda. Tinggal login situs cekbansos.kemensos.go.id
Tampilan situs cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek status penerima BLT BBM Rp600.000/Kemensos.go.id
Tampilan situs cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek status penerima BLT BBM Rp600.000/Kemensos.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mempercepat penyaluran bantuan langsung tunai atau BLT BBM Rp600.000. Simak cara cek BLT BBM lewat handphone (Hp) melalui situs cekbansos.kemensos.go.id

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjelaskan bahwa pihaknya dan PT Pos Indonesia telah menyalurkan bansos atau BLT BBM Rp600.000 kepada 12.701.985 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 482 kabupaten dan kota hingga 16 September 2022.

“Diharapkan minggu ini, PT Pos sudah melakukan pembayaran BLT BBM minimal 90 persen dari target KPM yaitu sebesar 18.585.000 KPM,” ujar Risma seperti dikutip dalam keterangan resmi, Minggu (18/9/2022).

Risma mengungkapkan pihaknya telah menyerahkan seluruh data penerima manfaat BLT BBM kepada PT Pos Indonesia.

Meskipun begitu, dia menjelaskan memang masih ada beberapa daerah terutama di daerah pegunungan seperti di Papua dan Papua Barat yang datanya belum lengkap.

Untuk itu, Kemensos akan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri melakukan perekaman sekaligus penyaluran khususnya di daerah yang sulit akses.

“Karena aksesnya itu sulit jadi PT Pos dengan kita akan menyiapkan pesawat khusus untuk kita ke sana dan Dukcapil sekaligus perekaman, harapan kita di bulan ini kita tuntas 100 persen,” ucapnya.

Perlu diketahui, masyarakat dapat melakukan pengecekan penerima bansos BLT BBM hanya melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/

Masyarakat juga dapat memanfaatkan situs Cek Bansos dan fitur usul-sanggah di aplikasi Cek Bansos untuk mengusulkan diri sebagai penerima maupun melakukan sanggahan jika ada masyarakat yang tidak berhak mendapatkan bansos.

Berikut Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp600.000

  • Buka situs resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui browser Hp Anda
  • Masukkan data diri dan alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Masukkan nama sesuai KTP dan ketik 8 huruf kode chapta
  • Kemudian, klik ‘Cari Data’
  • Hasil akan muncul secara otomatis. Jika Anda termasuk penerima manfaat, identitas Anda akan muncul dalam data yang ditampilkan

BLT BBM Rp600.000 nantinya akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia  di seluruh wilayah Indonesia. Penerima manfaat yang tinggal di sekitar kantor pos atau dengan radius 500 meter dapat langsung mengambil BLT di Kantor Pos.

BLT BBM juga disalurkan melalui komunitas seperti RT/RW, kelurahan, dan kecamatan. BLT juga dapat langsung diantar kepada penerima manfaat penyandang disabilitas, lansia, dan warga yang tinggal di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper