Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi AS Lampaui Ekspektasi, Lonjakan Harga Sewa Rumah Jadi Penyebabnya

Biaya sewa tempat tinggal naik hingga 0,7 persen pada Agustus (mom) dan 6,3 persen (yoy).
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 14 September 2022  |  11:51 WIB
Inflasi AS Lampaui Ekspektasi, Lonjakan Harga Sewa Rumah Jadi Penyebabnya
Salah satu properti yang disewakan di Amerika Serikat. Harga sewa properti meningkat dengan laju tertinggi sejak 1990 pada Agustus 2022 dan menyebabkan inflasi AS naik di atas ekspektasi. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Inflasi Amerika Serikat pada bulan Agustus 2022 naik di atas ekspektasi. Lonjakan ini salah satunya didorong oleh harga sewa properti yang naik signigikan.

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (14/9/2022) Departemen Tenaga Kerja AS mencatat biaya sewa tempat tinggal naik hingga 0,7 persen pada Agustus dibandingkan bulan sebelumnya (month-on-month/mom), kenaikan bulanan bulanan terbesar sejak 1991.

Dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, (year-on-year/yoy), inflasi harga sewa rumah naik 6,3 persen, level tertinggi sejak 1986.

Lonjakan harga sewa ini berkontribusi terhadap Indeks Harga Konsumen (IHK) AS yang naik 0,1 persen pada Agustus (mom) dan 8,3 persen yoy. melampaui ekspektasi dalam analis dalam survei Bloomberg yang memproyeksikan inflasi AS mencapai 8,1 persen yoy.

Adapun IHK inti, yang menghilangkan komponen makanan dan energi yang lebih mudah berubah, naik 0,6 persen mom dan 6,3 persen yoy, di atas proyeksi sebesar 6,1 persen.

Laura Rosner-Warburton, Ekonom Senior AS di MacroPolicy Perspectives, memperkirakan dengan laju kenaikan seperti ini, kenaikan harga sewa dapat mencapai sekitar 6,9 persen pada Januari 2023 sebelum melambat menjadi sekitar 4,7 persen pada akhir tahun 2023.

“(Harga sewa) masih sangat meningkat tahun depan, tetapi tidak akan terus meningkat. Indikator-indikator utama menunjukkan harga melandai," kata Rosner-Warburton seperti dikutip Bloomberg, Rabu (14/9/2022).

Biaya tempat tinggal adalah komponen terbesar dari IHK karena berkontribusi lebih 30 persen. Ini menjadi alasan mengapa harga sewa rumah menjadi pendorong inflasi terpenting dalam beberapa tahun terakhir.

Harga sewa rumah juga cenderung mendominasi indikator inflasi  yang diandalkan oleh pejabat Federal Reserve ketika memutuskan arah suku bunga.

Selain harga sewa, makanan dan perawatan medis pun termasuk diantara kontributor terbesar kenaikan harga bulan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inflasi as ekonomi as
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top