Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimisme Konsumen terhadap Ekonomi Naik di Agustus 2022, Ini Pemicunya!

Dalam Survei Konsumen BI, tercatat optimisme konsumen terhadap konidisi ekonomi naik atau menguat pada Agustus 2022.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 September 2022  |  10:50 WIB
Optimisme Konsumen terhadap Ekonomi Naik di Agustus 2022, Ini Pemicunya!
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Jumat (2/7/2021). Presiden Joko Widodo resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali yang mengatur salah satunya dengan menutup sementara beberapa fasiltas masyarakat seperti pusat perbelanjaan atau mal mulai dari tanggal 3 sampai 20 Juli 2021. - ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) melaporkan optimisme konsumen terindikasi menguat pada Agustus 2022. Dalam Survei Konsumen BI, tercatat  Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Agustus 2022 meningkat menjadi sebesar 124,7, lebih tinggi dibandingkan 123,2 pada Juli 2022.

“Peningkatan IKK Agustus 2022 tercatat pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, kelompok usia, dan tingkat pendidikan responden,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Kamis (8/9/2022).

Erwin menjelaskan, meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan. 

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) yang meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, tertinggi pada indeks penghasilan saat ini. IKE pada Agustus 2022 tercatat sebesar 111,7, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mencapai 110,9.  

Sejalan dengan itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga tercatat meningkat, terutama pada ekspektasi kegiatan usaha ke depan. IEK pada Agustus  2022 tercatat meningkat menjadi sebesar 137,7, lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 135,5.

Adapun secara spasial, IKK pada Agustus 2022 terindikasi meningkat di beberapa kota yang disurvei, tertinggi di kota Padang sebesar 22,1, diikuti Palembang 16,0 dan Bandar Lampung 11,9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia indeks keyakinan konsumen pertumbuhan ekonomi indonesia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top