Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Pangan Sepekan: Cabai Kembali Naik, Telur Ayam Turun

Berbeda dengan pekan lalu, minggu ini harga berbagai jenis cabai kembali menunjukkan kenaikan, sedangkan telur ayam turun.
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Berbeda dengan pekan lalu ketika harga telur melonjak dan cabai menunjukkan penurunan, minggu ini harga berbagai jenis cabai kembali naik, sedangkan telur ayam turun.

Berdasarkan laporan di Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, pada pekan ini, 29 Agustus – 2 September 2022, harga telur dan daging ayam kompak turun. Masing-masing komoditas turun sebesar 0,57 persen dari Rp34.900 per kg menjadi Rp34.700/kg dan 0,63 persen dari Rp31.600 menjadi Rp31.400.

Sementara cabai merah besar mengalami kenaikan 1,01 persen atau Rp800 menjadi Rp60.200/kg. Cabai merah keriting menunjukkan kenaikan tertinggi, yakni 5 persen atau Rp2.900 menjadi Rp60.900/kg. Cabai rawit merah dalam sepekan ini juga menunjukkan kenaikan sebesar Rp1.400 menjadi Rp60.900 per kg.

Sebelumnya, harga cabai sudah berangsur turun karena beberapa sentra produksi seperti Blitar, Garut, Kediri, Temanggung, dan Kulon Progo mulai masuk masa panen sehingga menambah pasokan di pasar.

Meski demikian, berdasarkan pantauan Kemendag di pasar induk, pasokan cabai tercatat masih 3,21 persen di bawah pasokan normal.

Untuk itu, berdasarkan laporan Perkembangan Harga, Inflasi Dan Stok IndikatifbBarang Kebutuhan Pokok, Kemendag mendorong pemanfaatan fasilitas Sistem Resi Gudang (SRG) berteknologi CAS di daerah sentra produksi dan meningkatkan pemanfaatan pasar lelang komoditas agro.

Kemendag juga bekerja sama dengan Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) dan Perhutani untuk menyediakan lahan seluas sekitar 200 hektare (ha) sebagai penyangga komoditas cabai di wilayah Jabodetabek.

Kebutuhan utama masyarakat, yaitu beras juga terpantau mengalami kenaikan Rp100 untuk beras medium dan premium yang masing-masing menjadi Rp10.600/kg dan Rp12.600/kg.

Adapun harga pangan yang stabil yakni gula pasir Rp14.400/kg, minyak goreng curah Rp13.900/liter, dan kedelai impor Rp14.200 per kg.

Sementara komoditas lainnya yang mengalami penurunan yaitu bawang merah dari Rp35.900 ke Rp34.500 atau turun 3,9 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) sudah mengingatkan untuk tetap waspada terhadap lonjakan harga pangan yang dikhawatirkan masih terus terjadi akibat harga pangan global yang belum stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper