Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Strategi Kemenhub Tekan Harga Tiket Pesawat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong maskapai untuk menekan harga tiket pesawat melalui sejumlah strategi.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 02 September 2022  |  00:35 WIB
Mengintip Strategi Kemenhub Tekan Harga Tiket Pesawat
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022). Kemenhub mendorong maskapai untuk menekan harga tiket pesawat, dengan menambah Armada Maskapai dan Investor Baru-Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong maskapai untuk meningkatkan kinerja operasional agar harga tiket pesawat turun. Berbagai cara diupayakan, mulai dari menambah armada hingga menambah investor baru.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono mengatakan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong maskapai dalam melakukan hal tersebut guna mendorong penurunan harga tiket pesawat.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono mengatakan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong maskapai menyiapkan sejumlah strategi guna mendorong penurunan harga tiket pesawat.

"Pak Menhub itu mendorong seluruh airline untuk menambah armada atau ada investor baru yang membuat airline baru," kata Nur Isnin usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V, Kamis (1/9/2022).

Seperti diketahui, kenaikan harga tiket pesawat menjadi sorotan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Kepala Negara bahkan langsung memerintahkan dua menteri, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN, untuk mendorong ketersediaan tiket pesawat yang terjangkau.

"Pak Menteri Perhubungan saya perintah segera ini diselesaikan. Garuda, Menteri BUMN [Erick Thohir] juga saya sampaikan, segera tambah pesawatnya agar harga bisa kembali pada keadaan normal. Meskipun itu tidak mudah karena harga avtur internasional juga tinggi," terang Jokowi, dikutip dari situs resmi Sekretaris Kabinet (Setkab) beberapa waktu lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS), Kamis (1/9/2022) mengumumkan bahwa harga tiket pesawat ikut menyumbang deflasi secara bulanan pada Agustus 2022. Untuk diketahui, deflasi Agustus 2022 sebesar 0,21 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Pada bulan lalu, kelompok pengeluaran transportasi (tiket pesawat) mengalami deflasi sebesar 0,08 persen dengan andil kepada deflasi Agustus 2022 0,01 persen.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan turunnya harga tiket pesawat disebabkan oleh menurunnya harga avtur.  

"Juga ada kebijakan pemerintah yang menggratiskan PNBP untuk jasa pendaratan, penempatan, dan penyimpanan pesawat di bandara," kata Margo dalam konferensi pers hari ini, Kamis (1/9/2022).

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebelumnya menyebut harga tiket pesawat turun hingga 15 persen. Hal tersebut, ujarnya, akan menjadi angin segar bagi industri pariwisata.

"Good news, berkat doa dan kerja sama semua pihak, harga tiket pesawat turun 15 persen dan jadi angin segar bagi industri pariwisata. Ini kita harus hargai upaya dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, juga para pemangku kepentingan terkait," kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat avtur Kemenhub Budi Karya Sumadi maskapai penerbangan BUMN BPS deflasi
Editor : Gajah Kusumo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top