Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Kemenhub Janji Harga Tiket Pesawat Bisa Segera Turun

Saat ini sejumlah maskapai sudah melakukan promosi agar harga tiket di luar periode peak bisa lebih murah.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjanji menurunkan harga tiket pesawat sebesar 15 persen selama 4 hari ke depan pada hari-hari di luar akhir pekan.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini sejumlah maskapai sudah melakukan promosi agar harga tiket di luar periode peak bisa lebih murah. Dengan demikian, minat masyarakat meningkat untuk naik pesawat pada hari biasa. 

Pada akhirnya, kata Menhub, terkereknya okupansi pesawat pada hari biasa bisa ikut menambah pundi-pundi pendapatan maskapai. Salah satunya yang terdekat dengan Bank BNI. Hal ini, sebagai bagian dari upaya mengumpulkan dan berkoordinasi dengan maskapai. Menhub menyebut Garuda Indonesia dan Lion Air sudah juga sudah mulai melakukan promosi tersebut. 

Namun, kata dia, tentunya penurunan harga pesawat baru dapat dilakukan untuk hari-hari biasa di luar akhir pekan. Dengan harga tiket yang lebih murah, maskapai dapat menggenjot tingkat keterisian penumpang.  

"Menurut saya bisa turun kira-kira 15 persen. Tergantung biasanya 3-4 hari ke-depan bisa turun dengan promo ini. Untuk non prime time. Bisanya Senin sampai Kamis," ujarnya, Kamis (25/8/2022).

Dia menyampaikan maskapaiusai pandemi Covid-19 memang belum banyak mengoperasikan jumlah pesawat. Tetapi, untuk kembali mengoperasikan pesawat tersebut harus dilakukan secara bertahap dan membutuhkan waktu. Hal itu juga dengan mempertimbangkan keselamatan penerbangan.

Upaya untuk menambah jumlah pesawat juga sudah diungkapkan oleh Lion Air, Batik Air, Supwr Air Jet, hingga Garuda Indonesia secara bertahap.

"Jadi biasanya pada siang hari jam tertentu dikasih harga lebih kompetitif. Secara tidak langsung tadinya kosong ada penumpang di situ sehingga penjualan bertambah dan mengurangi tarif maksimal pada peak," imbuhnya.

Senada, ketika dikonfirmasi, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengarahkan maskapai pelat merah untuk menjual tiket pesawat pada hari tertentu.

"Senin sampai Kamis itu kan tidak ramai jadi kita akan dorong supaya masyarakat beli di  periode itu. Harganya yang lebih rendah dibandingkan Minggu atau hari Sabtu misalnya. Kami akan pasang gitu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper