Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata! Ini 5 Komoditas Penyumbang Inflasi per Januari-Juli 2022

Ternyata ini 5 komoditas penyumbang inflasi yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  20:12 WIB
Ternyata! Ini 5 Komoditas Penyumbang Inflasi per Januari-Juli 2022
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis - Eusebio Chysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan terdapat 5 komoditas yang memiliki pengaruh besar terhadap tekanan inflasi sepanjang Januari-Juli 2022.

Kepala BPS Margo Yuwono menyampaikan kelima komoditas tersebut adalah cabai merah, bawang merah, angkutan udara, bahan bakar rumah tangga dan bensin.

Pertama, berkaitan dengan volatile foods utamanya adalah cabai merah dan bawang merah. Selanjutnya, kelompok yang harganya diatur pemerintah yaitu angkutan udara, bahan bakar rumah tangga dan bensin.

"[Data inflasi] Ini 7 bulan selama Januari Juli.  Lima komoditas ini yang memiliki andil besar terhadap inflasi kita," kata Margo dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Gubernur BI dan Ketua OJK pada Rabu (31/8/2022).

Mengenai volatile foods, Margo menjelaskan bahwa inflasi tersebut bersifat sementara. Dia mencontohkan seperti cabai merah dan bawang merah, cuaca buruk di sejumlah sentra telah menyebabkan suplai terganggu sehingga memicu tingginya harga cabai merah dan bawang merah di pasaran dibandingkan dengan periode normal.

Berdasarkan data BPS, inflasi secara tahunan mencapai 4,94 persen (year-on-year/yoy) pada Juli 2022, atau hampir menembus target Bank Indonesia yakni di kisaran 2-4 persen.

Adapun secara tahunan, kelompok volatile foods mengalami inflasi 11,47 persen, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 10,07 persen.

Sementara itu, kelompok harga yang diatur pemerintah atau administered prices secara tahunan mengalami inflasi sebesar 6,51 persen, lebih tinggi dari inflasi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,33 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS komoditas Inflasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top