Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diinisiasi Luhut, RI Targetkan Ekspor Bahan Makanan US$2 Miliar di 2024

Pemerintah Indonesia menargetkan ekspor bahan baku makanan mencapai US$2 miliar pada 2024 mendatang.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  15:41 WIB
Diinisiasi Luhut, RI Targetkan Ekspor Bahan Makanan US$2 Miliar di 2024
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menargetkan ekspor bahan baku makanan mencapai US$2 miliar pada 2024 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan disebut menjadi salah satu inisiator target tersebut.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) Adhi Lukman mengatakan Indonesia juga menargetkan bisa memiliki 4.000 restoran Indonesia di luar negeri sebagai sasaran ekspor bahan baku makanan.

"Potensi rempah dan bumbu Indonesia akan dioptimalkan. Bahkan, ada program yang ditargetkan bisa mendorong ekspornya hingga US$2 miliar," ujar Adhi di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Saat ini, jelasnya, Indonesia memiliki sekitar 2.000 restoran di ranah global. Diharapkan ke depannya ekspor bahan baku makanan nasional bisa menjangkau restoran berskala global lainnya.

Terkait dengan upaya tersebut, Adhi mengatakan GAPMMI melakukan kurasi produk dari pelaku industri yang mayoritas berada di segmen industri kecil, dan menengah (IKM).

Sejauh ini, sambung Adhi, terdapat sekitar 200 perusahaan penyedia bahan baku makanan yang melakukan ekspor dari segmen IKM.

Di luar target yang dipatok GAPMMI, Indonesia juga diprediksi mampu mengekspor komoditas bahan baku makanan ke kawasan Eropa Timur dengan nilai mencapai US$2 juta melalui kerja sama dengan perusahaan Bulgaria.

Target tersebut diharapkan terealisasi dalam beberapa tahun mendatang pasca ditandatanganinya letter of intents antara Lautan Natural Krimerindo (LNK) daan PICCO Bulgaria terkait dengan pembelian bahan-bahan makanan atau food ingredients.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor makanan industri makanan dan minuman gapmmi Luhut Pandjaitan
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top