Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PIP: Pelaku Usaha Muda Penerima UMi Mencapai 771.000 Penerima

Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) telah disalurkan kepada lebih dari 6,4 juta pelaku usaha.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  20:13 WIB
PIP: Pelaku Usaha Muda Penerima UMi Mencapai 771.000 Penerima
Direktur Kerja Sama Pendanaan dan Pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah Muhammad Yusuf dalam UMi Youtpreneur Competition 2022 di Museum Nasional, Jakarta pada Jumat (26/8/2022). - Bisnis/Ni Luh Anggela
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) melaporkan sejak 2017 hingga saat ini pembiayaan Ultra Mikro (UMi) telah disalurkan kepada lebih dari 6,4 juta pelaku usaha dan khusus untuk tahun ini pembiayaan UMi ditargetkan disalurkan kepada 2 juta penerima.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ririn Kadariyah dalam UMi Youthpreneur Competition 2022 di Museum Nasional, Jakarta pada Jumat (26/8/2022).

Ririn mengungkapkan, dari data penerima pembiayaan UMi secara kumulatif, terdapat sekitar 15 persen atau sekitar 771.000 yang merupakan pelaku usaha muda  atau pemula dengan usia di bawah 30 tahun.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) di 2022, terdapat lebih dari 38 juta angkatan kerja yang berusia 15-29 tahun.

Jika dibandingkan dengan jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) penerima UMi yang baru mencapai 771.000 penerima, kata Ririn, itu artinya hanya sekitar 2 persen dari total 38 juta angkatan kerja tadi.

"Masih terdapat potensi yang sangat besar sebagai sasaran penerima pembiayaan produktif termasuk pembiayaan UMi," kata Ririn.

Meskipun proporsi pelaku usaha muda penerima UMi masih relatif rendah, namun jika melihat tren per tahun, kata dia menunjukkan peningkatan yang konsisten.

Berdasarkan data yang disampaikan Ririn, pada 2017, pelaku usaha  penerima pembiayaan UMi  hanya mencapai 7,8 persen dan terus meningkat menjadi 10,2 persen di 2018.

Kemudian penerima pembiayaan UMi meningkat menjadi 12,5 persen pada 2019, 13,4 persen di 2020 dan terakhir naik 18,1 persen di 2021.

Sejalan dengan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ririn mengatakan PIP akan terus menggali potensi-potensi pengembangan kewirausahaan, tidak hanya melalui  perluasan penyaluran namun juga melalui program-program pemberdayaan yang memiliki dampak yang lebih luas bagi komunitas dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat investasi pemerintah Holding Ultra Mikro umkm
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top