Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bolak-balik Molor, Menteri Erick Thohir Pastikan Kereta Cepat Beroperasi Juni 2023

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dijadwalkan beroperasi Juni 2023.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  08:49 WIB
Bolak-balik Molor, Menteri Erick Thohir Pastikan Kereta Cepat Beroperasi Juni 2023
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8 - 2022) / Dok. KCIC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada Juni 2023.

Dia menyebut pada September tahun ini, dijadwalkan rangkaian kereta tersebut tiba di Tanah Air dan akan terus dilakukan tahapan uji coba.

"Kereta cepat kita sampaikan insyaallah bulan September ini kita akan kedatangan kereta cepatnya dan kita akan terus uji coba dan instaallah tahun depan bulan Juni sudah mulai bisa operasi," kata Erick dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (25/8/2022).

Menurutnya, kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dapat menyambungkan Jakarta dengan Jawa Barat yang nantinya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baru.

Pasalnya, sambung Erick, Jawa Barat merupakan kawasan dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang tidak kalah penting dari daerah-daerah lain di Indonesia.

Bukan itu saja, dia menuturkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini juga merupakan bagian dari membangun sebuah ekosistem dan akan jadi satu kesatuan dengan moda transportasi lainnya, seperti MRT dan LRT.

"Kita tahu bagaimana LRT ini sekarang ditambah tentu kereta api luar biasa yang sudah dibangun KAI ditambah MRT yang kemarin juga bapak Presiden menyampaikan Jepang commit membantu dalam arti pendanaan dan pembangunan MRT secara berkelanjutan, hasil pertemuan Bapak Presiden dengan PM Jepang ini menjadi sebuah ekosistem menjadi satu kesatuan," imbuhnya.

Adapun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini ditargetkan rampung pada Juni 2023. Saat ini, rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat telah dikirim dari China. 

Sebelumnya Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet mengatakan pengiriman menuju Indonesia dilakukan pada 5 Agustus lalu. Dwiyana mengatakan Proyek KCJB akan menjadi yang pertama kali di Asia Tenggara.

"KCJB sebagai pionir kereta cepat di Asia Tenggara sudah ditunggu masyarakat Indonesia. Proyek ini diharapkan membuat konektivitas Jakarta-Bandung semakin cepat," ujarnya dalam konferensi pers daring, Jumat (5/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek kereta cepat jakarta-bandung erick thohir Kereta Cepat KCIC
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top