Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LMAN Guyur Dana Rp97,36 Triliun untuk Proyek Strategis Nasional

Lembaga Manajemen Aset Nasional (LMAN) sudah mendanai Rp97,36 triliun untuk Proyek Strategis Nasional pada Agustus 2022.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  16:46 WIB
LMAN Guyur Dana Rp97,36 Triliun untuk Proyek Strategis Nasional
Foto udara proyek Bendungan Cipanas di Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (21/7/2020). Pemerintah menargetkan pembangunan Bendungan Cipanas yang merupakan proyek strategis nasional dengan volume tampungan air sebesar 250 juta meter kubik tersebut akan rampung pada 2022 mendatang. ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Realisasi pendanaan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga Agustus 2022 tercatat mencapai Rp97,36 triliun.

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menyampaikan realisasi tersebut merupakan pendanaan untuk sebanyak 104 PSN.

“Sejak LMAN dibentuk untuk melakukan pendanaan lahan PSN, kita sudah mendapatkan alokasi dari APBN sebesar Rp125 triliun, dan per Agustus tahun ini dari Rp125 triliun sudah disalurkan sebesar Rp97,36 triliun,” katanya di Yogyakarta, Kamis (25/8/2022).

Dia mengatakan sektor jalan tol menjadi sektor infrastruktur dengan penyerapan pendanaan lahan tertinggi, yaitu mencapai Rp82,97 triliun atau 85,2 persen dari total portofolio pendanaan lahan LMAN.

Menurutnya, realisasi dana PSN paling besar untuk jalan tol, dibandingkan pelabuhan, bendungan dan irigasi.

"Kami tahu jalan tol biasanya tanahnya di perkotaan, sehingga nilainya pasti lebih tinggi dibandingkan kita bangun bendungan atau yang lainnya,” jelasnya.

Basuki menjelaskan, pada tahun ini sendiri atau hingga Agustus 2022, realisasi pendanaan untuk pembebasan lahan tercatat sebesar Rp7 triliun.

Realisasi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan posisi pada tahun lalu yang mana pada semester I/2021 tercatat sekitar Rp10 triliun.

Lebih lanjut, dia mengatakan realisasi pendanaan terbesar pada tahun ini yaitu untuk PSN jalan tol Solo – Yogyakarta.

“Total pembayaran Tol Solo — Yogyakarta sendiri dari Januari hingga Agustus 2022, sudah disalurkan Rp1 triliun, ini jumlah tertinggi untuk PSN jalan tol. Total pendanaan untuk PSN 2022 ini Rp7 triliun, jadi Rp1 triliun sendiri untuk tol Solo— Yogyakarta” kata dia.

Secara total, realisasi pendanaan tol Solo – Yogyakarta tercatat telah mencapai Rp3,40 triliun. Ruas jalan tol tersebut memiliki panjang 96,57 km dan merupakan jalan tol pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LMAN proyek strategis nasional (PSN) apbn
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top