Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apple Bakal Wajibkan Karyawan WFO 3 Hari Sepekan Mulai Bulan Depan

Apple berencana untuk kembali menerapkan sistem kerja normal sejak Juni 2021, namun terus tertunda karena lonjakan kasus Covid-19.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  08:43 WIB
Apple Bakal Wajibkan Karyawan WFO 3 Hari Sepekan Mulai Bulan Depan
Apple. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc. akan mewajibkan karyawan bekerja di kantor atau work from office (WFO) minimal tiga hari seminggu pada 5 September mendatang. Rencana ini sempat tertunda beberapa kali menyusul lonjakan kasus Covid-19 di Amerika Serikat.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (16/8/2022), Apple akan mewajibkan karyawan untuk bekerja dari kantor pada hari Selasa, Kamis dan hari ketiga yang akan ditentukan oleh setiap divisinya. Rencana ini sedikit berbeda dari rencana awal yang mewajibkan karyawan bekerja di kantor setiap Senin, Selasa, dan Kamis.

Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California ini telah berencana untuk kembali menerapkan sistem kerja normal sejak Juni 2021, ketika pertama kali mengumumkan kebijakan tiga hari.

Namun, lonjakan kasus Covid-19 memaksa perusahaan untuk menunda tenggat waktu beberapa kali dan hanya mewajibkan karyawan datang ke kantor dua kali dalam sepekan. Kebijakan baru ini pertama-tama akan berlaku di Silicon Valley dan kemudian diberlakukan ke kantor-kantor lain.

Seorang juru bicara Apple menolak mengomentari jadwal baru ini.

Apple telah membuat penyesuaian Covid-19 lainnya. Kebijakan baru itu muncul beberapa pekan setelah perusahaan mencabut kewajiban penggunaan masker di area umum kantor. Apple telah juga telah menghapus kewajiban penggunaan masker saat di meja kerja pribadi.

Perusahaan juga mengadakan pertemuan langsung di kampusnya pada bulan Juni untuk menonton presentasi produk Apple. Ini adalah yang pertama sejak 2019 dan menandakan bahwa Apple semakin mendekati operasi normal.

Di Santa Clara County, di mana banyak kantor utama Apple bertempat, rata-rata kasus tujuh hari dan jumlah kasus Covid baru setiap hari telah menurun sejak Juli, tetapi masih jauh lebih tinggi daripada sebelum lonjakan Omicron pada awal 2022. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melonggarkan rekomendasi Covid-19 pekan lalu.

Produsen iPhone ini telah menjadi salah satu perusahaan teknologi paling ketat dalam hal mendorong karyawan kembali ke kantor sehingga memicu keluhan dari karyawannya. Microsoft Corp., Amazon.com Inc., Google Alphabet Inc., dan lainnya lebih terbuka terhadap pekerjaan jarak jauh dalam beberapa bulan terakhir.

Ini adalah waktu yang sibuk bagi Apple. Perusahaan tengah mempersiapkan acara pada bulan September untuk mengumumkan iPhone 14 dan iWatch terbaru. Apple juga mempersiapkan Mac dan iPad yang diperbarui untuk diluncurkan akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 apple iphone
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top