Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Entitas Jababeka (KIJA) Ungkap Dampak Ekonomi dari Pengembangan Silicon Valley

Jababeka Silicon Valley disebut dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  01:47 WIB
Entitas Jababeka (KIJA) Ungkap Dampak Ekonomi dari Pengembangan  Silicon Valley
PT Jababeka Infrastruktur dan Telkomsel Enterprise sepakat bekerja sama membangun kawasan Correctio Jababeka, Senin (15/8/2022) - Bisnis - Afifah Rahmah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Jababeka Infrastruktur optimis pengembangan kawasan industri teknologi Correctio atau Jababeka Silicon Valley dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Managing Director PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono mengatakan Correctio yang berlokasi di Jababeka Cikarang merupakan kawasan industri yang sudah 'matang' karena telah dihuni oleh 1.800 perusahaan.

"Di Jababeka ada 1.800 perusahaan. Juga, Jababeka sudah launching Hackaton yaitu kompetisi yang melibatkan ratusan talenta yang akan memberikan solusi terhadap masalah di industri yang akan melahirkan startup dan bergabung di kawasan CORE," kata Agung kepada wartawan di Menara Batavia, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Agung meyakini dengan program Hackaton yang digelar dapat menstimulasi hadirnya perusahan rintisan atau startup baru di Correctio sehingga tercipta ekosistem yang saling terkoneksi.

Dengan demikian, secara ekonomi pengembangan yang dilakukan pihaknya akan menciptakan perusahaan-perusahaan baru, sehingga tercipta lapangan kerja dan lahir talenta-talenta baru.

"Bukan hanya sumber daya manusia berbasis tenaga atau skill tetapi berbasiskan ilmu pengetahuan. Ini dampaknya secara ekonomi maupun secara sumber daya manusia," ujarnya.

Lebih lanjut, Agung menyebutkan sejumlah industri yang akan muncul seiring berkembangnya proyek Jababeka. Beberapa di antaranya yaitu industri yang bersifat padat karya, industri padat inovasi, dan industri teknologi di dorong kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi.

"Dengan adanya kawasan Silicon Valley ini akan ada perusahaan-perusahaan, kompetensi digital, solusi teknologi, dan mereka berkumpul untuk membuat perusahaan-perusahaan bisa naik kelas," lanjutnya.

Correctio dikembangkan untuk menghasilkan kawasan dengan sumber daya manusia yang maju untuk membangun industri 4.0 dan society 5.0 ke depannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jababeka menggandeng sejumlah pihak mulai dari BRIN, PT BISA AI, Indogen, dan yang terbaru yaitu Telkomsel Enterprise untuk memenuhi kebutuhan teknologi di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jababeka
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top