Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun Kantor Pemerintah di IKN, Jokowi: 80 Persen Undang Investor Swasta

Presiden Joko Widodo menegaskan sekitar 80 persen pembangunan kantor pemerintahan di IKN akan didanai oleh investasi swasta.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  14:09 WIB
Bangun Kantor Pemerintah di IKN, Jokowi: 80 Persen Undang Investor Swasta
Presiden Joko Widodo mengikuti sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Selasa (16/8/2022). Biro Pers Sekretariat Presiden - Laily Rachev
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN Nusantara akan didanai 80 persen dari investasi swasta.

Pada pidatonya di Sidang Tahunan MPR-DPR hari ini, Selasa (16/8/2022), Jokowi mengatakan pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, harus terus dilanjutkan.

“Kawasan Inti Pusat Pemerintahan memang akan dibangun oleh APBN, tapi selebihnya, 80 persen investasi swasta diundang untuk berpartisipasi,” jelasnya, Selasa (16/8/2022).

Untuk diketahui, setidaknya dalam beberapa kunjungan luar negerinya, Jokowi menawarkan kerja sama dengan berbagai negara untuk ikut menggarap proyek IKN Nusantara.

Kepala Negara juga menegaskan IKN bukan hanya untuk segelintir orang saja dalam hal ini hanya untuk ASN.

“Pembangunan Ibu Kota Negara terus harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk ASN, tetapi juga para inovator dan wirausahawan,” jelasnya.

Adapun, pembangunan beberapa infrastruktur dasar di IKN sudah dimulai tahun ini. Pembangunan IKN ke depan akan didanai oleh APBN, investasi swasta, maupun melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Jokowi berjanji IKN nantinya akan menjadi motor penggerak ekonomi, dengan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan kelas dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi IKN ibu kota negara investasi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top