Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas! Ini Dampak Konflik China vs Taiwan ke Perdagangan Indonesia

Badan Pusat Statisti (BPS) mengingatkan dampak konflik China vs Taiwan ke perdagangan Indonesia. Seberapa besar efeknya?
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  14:21 WIB
Awas! Ini Dampak Konflik China vs Taiwan ke Perdagangan Indonesia
Ilustrasi bendera China dan Taiwan. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto menyampaikan bahwa ketegangan geopolitik atau konflik China vs Taiwan perlu diwaspadai. Kedua negara tersebut merupakan mitra dagang yang penting bagi Indonesia.

Setianto mengatakan sumbangan atau share ekspor dan impor China mencapai lebih dari 20 persen terhadap total ekspor dan impor Indonesia. Sementara itu, share ekspor dan impor Taiwan pun tercatat terus mengalami peningkatan hingga Juni 2022, meski relatif kecil dibandingkan China.

“Ketegangan antara China dan Taiwan memang perlu kita waspadai, di mana China sebagai mitra dagang utama kita, demikian juga ekspor kita ke Taiwan cenderung meningkat,” katanya dalam konferensi pers, Senin (15/8/2022).

Di samping itu, Setianto mengatakan bahwa China dan Taiwan merupakan eksportir utama komponen elektronik dunia.

Jika dirincikan, China merupakan eksportir terbesar pertama di dunia untuk mesin pengolah data otomatis dan unitnya (computer) dan office machine part, serta eksportir kedua terbesar untuk sirkuit elektronik terpadu (integrated circuits).

Sementara itu, dia mengatakan Taiwan merupakan eksportir terbesar pertama di dunia untuk sirkuit elektronik terpadu (integrated circuits) dan eksportir terbesar keempat untuk office machine part. Adapun, ekspor utama Indonesia ke China diantaranya komoditas bahan bakar mineral, besi dan baja, dan lemak & minyak hewan/nabati.

Di sisi lain, impor utama dari China ke Indonesia diantaranya mesin-mesin/pesawat mekanik, mesin/peralatan listrik, serta besi dan baja. Lebih lanjut, Setianto mengatakan ekspor utama Indonesia ke Taiwan yaitu besi dan baja, bahan bakar mineral, serta bijih, kerak, dan abu logam.

"Sedangkan impor utama Indonesia dari Taiwan yaitu mesin/peralatan listrik, mesin/pesawat mekanik, serta plastik dan barang dari plastik," ucaonya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS China vs Taiwan ekspor impor
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top