Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Jadi Penyalur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)

Simak cara jadi penyalur pembiayaan ultra mikro (UMi). Begini syarat yang harus dipenuhi.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  16:31 WIB
Cara Jadi Penyalur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)
Direktur Kerjasama Pendanaan dan Pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah Muhammad Yusuf menjadi salah satu narasumber dalam Talkshow "Peran Lembaga Pembiayaan dalam Mendorong Modernisasi Koperasi dan UMKM di Kabupaten Cianjur" yang digelar oleh pemerintahan setempat pada Jumat (12/8/2022). - Bisnis - Ni Luh Anggela
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Investasi Pemerintah (PIP), sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah Kementerian Keuangan telah meluncurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sejak 2017.

Program ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas pembiayaan yang mudah dan cepat bagi usaha ultra mikro serta menambah jumlah wirausaha yang difasilitasi oleh pemerintah.

Direktur Kerjasama Pendanaan dan Pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah Muhammad Yusuf menyampaikan pembiayaan UMi disalurkan melalui lembaga-lembaga yang sudah dikenal oleh masyarakat, sehingga pihaknya tidak membentuk lembaga baru.

Salah satu yang paling cocok dan memungkinkan adalah koperasi termasuk koperasi simpan pinjam (KSP) atau koperasi yang memiliki unit simpan pinjam.

"Jadi PIP ini intinya memberikan pembiayaan kepada UMKM yang levelnya adalah ultra mikro, penyalurannya melalui koperasi salah satunya," dalam Talkshow "Peran Lembaga Pembiayaan dalam Mendorong Modernisasi Koperasi dan UMKM di Kabupaten Cianjur" pada Jumat (12/8/2022).

Mengacu pada PMK Nomor 193/PMK.05/2020 tentang Pembiayaan Ultra Mikro, Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang dapat menjadi penyalur harus memenuhi kriteria paling sedikit:

a. memiliki pengalaman dalam pembiayaan UMKM paling sedikit dua tahun,

b. sehat dan berkinerja baik, dan

c. memiliki sistem yang dapat terkoneksi dan/atau kompatibel dengan SIKP (Sistem Informasi Kredit Program) UMi yang digunakan oleh BLU PIP.

LKBB yang telah memenuhi kriteria di atas dapat mengajukan permohonan untuk menjadi penyalur, yang dapat disampaikan langsung kepada Direktur Utama PIP dengan dilampiri beberapa dokumen seperti:

a. akta pendirian/izin usaha

b. laporan keuangan dua tahun terakhir dan,

c. surat pernyataan Direktur Utama/Pimpinan LKBB untuk mengikuti tata kelola Pembiayaan UMi yang dibuat sesuai dengan format yang tercantum dalam Lampiran PMK Nomor 193/PMK.05/2020.

Selanjutnya, PIP akan melakukan penelitian terhadap dokumen tersebut. Jika permohonan disetujui, Direktur Utama PIP akan menetapkan LKBB yang memenuhi kriteria sebagai penyalur. Sedangkan, jika tak disetujui, Direktur Utama PIP akan menyampaikan pemberitahuan kepada LKBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat investasi pemerintah kredit ultra mikro
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top