Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belanja Pemerintah Memble, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2022 Seharusnya Bisa Lebih Tinggi

BPS mencatat mayoritas lapangan usaha pada kuartal II/2022 tumbuh positif, kecuali lapangan usaha administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  09:47 WIB
Belanja Pemerintah Memble, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2022 Seharusnya Bisa Lebih Tinggi
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2022 sebesar 5,44 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono menyampaikan bahwa mayoritas lapangan usaha pada periode tersebut tumbuh positif, kecuali belanja pemerintah, yakni administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

Lapangan usaha administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan tersebut masing-masingnya terkontraksi sebesar -1,73 persen yoy dan -1,15 persen yoy.

“Administrasi pemerintahan terkontraksi -1,73 persen dikarenakan realisasi belanja pegawai dan belanja barang dan jasa pada pada kuartal II/2022 yang terkontraksi sebesar 2,39 persen,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (5/8/2022).

Sejalan dengan itu, kontraksi pada lapangan usaha jasa pendidikan disebabkan oleh penurunan belanja tunjangan tenaga pendidikan dan tenaga penyuluh non-PNS atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Margo mengatakan, capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2022 terutama didorong oleh perbaikan mobilitas masyarakat.

Hal ini tercermin dari beberapa sektor yang tumbuh tinggi, yaitu transportasi dan pergudangan sebesar 21,27 persen, serta akomodasi dan makan minum sebesar 9,76 persen yoy.

Margo menambahkan, beberapa sektor utama juga mencatatkan pertumbuhan positif, meski moderat, diantaranya sektor industri yang tumbuh sebesar 4,01 persen, perdagangan tumbuh 4,42 persen, dan pertanian tumbuh 1,37 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS Pertumbuhan Ekonomi belanja pemerintah ekonomi
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top