Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan IKN Menghitung Hari, Sri Mulyani Belum Kucurkan Anggaran

Kementerian Keuangan tak kunjung mengucurkan anggaran untuk proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  15:43 WIB
Pembangunan IKN Menghitung Hari, Sri Mulyani Belum Kucurkan Anggaran
Huma Betang Umai, karya SHAU Architectures, Studi APTA dan Cilaki memenangkan juara kedua desain Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara / Dok. Kementerian PUPRrn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kendati telah memasuki periode dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, anggaran yang dibutuhkan hingga saat ini masih belum dikucurkan oleh Kementerian Keuangan. Padahal, setidaknya terdapat empat sampai lima kontrak yang telah menanti untuk diteken pada bulan ini.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan pada Agustus, proses groundbreaking pembangunan IKN baru akan dimulai setelah kontrak-kontrak ditandantangani. Tetapi, dia mengatakan anggaran untuk pembangunan IKN masih belum didapatkan.

"Belum, mudah-mudahan pekan ini," katanya kepada Bisnis, Selasa (2/8/2022).

Adapun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rencananya akan mengawali proses pembangunan IKN dengan pekerjaan pemetaan lahan atau land development. Kontrak pekerjaan tersebut awalnya sudah akan diteken pada 15 Juli lalu, tetapi karena belum adanya anggaran hingga saat ini proses penandatanganan kontrak urung dilakukan.

Sementara itu, pada bulan ini juga ada empat kontrak yang telah menanti untuk diteken proyek Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Sp Tempadung, Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Jalan Tol IKN Segmen Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang, dan Pembangunan Jalan Kerja/Logistik IKN (KIPP) : Paket Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4.

Tender proyek Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung dengan nilai pagu paket Rp2,02 triliun itu dibuka oleh Kementerian PUPR sejak 21 Juni 2022 dan akan mencapai proses penandatanganan kontrak pada 15 Agustus 2022. Lalu, tender proyek Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau telah dimulai sejak 14 Juli 2022 dan ditargetkan mencapai penandatangan kontrak pada 25 Agustus 2022.

Selain itu, tender proyek Jalan Tol IKN Segmen Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang yang telah dibuka Kementerian PUPR sejak 19 Juni 2022. Kontrak dari tender proyek tersebut ditargetkan rampung pada 15 Agustus 2022 mendatang.

Untuk tender pembangunan Jalan Kerja/Logistik IKN (KIPP): Paket Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 telah dimulai sejak 17 Juni 2022 dan ditargetkan untuk memasuki proses penandatangan kontrak pada 9 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN apbn tender proyek infrastruktur kemenkeu Kementerian PUPR
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top