Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu PM Jepang, Jokowi: IJEPA Siap Diteken saat KTT G20 Bali

Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida sepakat agar perjanjian IJEPA bisa diteken saat KTT G20 Bali pada November 2022.
Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida memberikan pernyataan pers bersama di Tokyo, Rabu (27/07/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida memberikan pernyataan pers bersama di Tokyo, Rabu (27/07/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan beberapa hal yang menjadi kesepakatan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam pertemuannya di Kantor di Tokyo, Jepang, Rabu (27/07/2022).

Kedua pemimpin negara sepakat untuk memperkuat kerja sama bilateral RI-Jepang di bidang perdagangan dan investasi, salah satunya kerja sama Indonesian-Japan Economic Partnersip agreement (IJEPA).

“Kami sepakat protokol perubahan IJEPA dapat diselesaikan dan ditandatangani pada KTT G20 di Bali, November mendatang,” ucap Presiden Jokowi dalam keterangan resmi, Rabu (27/7/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi secara khusus meminta agar Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk pangan asal Indonesia, antara lain tuna, pisang, dan nanas. Jokowi juga meminta akses pasar untuk produk mangga.

Terkait bidang investasi, Jokowi menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia. Dia juga menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu dan juga mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang.

Beberapa proyek strategis disampaikan Jokowi kepada delegasi Jepang untuk dipercepat penyelesaiannya, antara lain MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban.

"Kami juga membahas komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela,” ungkap Presiden.

Perdana Menteri Jepang Kishida mengatakan Indonesia merupakan mitra strategis bagi Jepang. Sejak kunjungannya ke Indonesia pada akhir April lalu, PM Kishida mengaku senang dapat kembali bertemu untuk bertukar pandangan secara terbuka dengan Jokowi.

Menurutnya, hal tersebut merupakan bukti erat hubungan antara kedua negara.

“Kami akan menjadikan kunjungan Presiden Joko Widodo hari ini sebagai monentum untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ucap PM Kishida.

Di sela-sela acara pertemuan dengan beberapa Menteri dan CEO beberapa Perusahaan Jepang, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerja di Jepang menyempatkan untuk mengadakan pertemuan terbatas dengan Chairman Partai Liberal Demokrat Jepang, Tatsuo Fukuda di Hotel Imperial, Tokyo Jepang (26/7/2022).

Sejumlah isu penting dibahas dalam pertemuan selama hampir 1 jam itu, antara Menko Airlangga dengan anggota Parlemen Jepang tersebut.

"Pertemuan tersebut juga untuk membahas dari segi politik terkait kebijakan yang akan berpihak pada investasi dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia, terkait berbagai skema kerjasama bilateral dan multilateral, baik itu mengenai IJEPA, RCEP, maupun IPEF serta momen yang sangat baik Keketuaan Indonesia bersamaan dengan 50 Tahun Persahabatan ASEAN-Jepang pada tahun 2023," ujar Airlangga.

Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) saat ini sedang dalam tahap penyelesaian untuk perubahan Protokol General Review (GR) IJEPA.

Presiden Jokowi dan PM Jepang telah mengumumkan penyelesaian General Review IJEPA pada Pertemuan Pemimpin G20 di Osaka, Jepang tahun 2019. Airlangga berharap penyelesaian protokol ini akan selesai tahun ini sebelum pertemuan KTT G20 di Bali, November mendatang.

“Salah satu isu yang masih tertunda adalah permintaan Indonesia atas akses pasar untuk ekspor tuna kaleng ke Jepang. Saat ini tarif ekspor produk Indonesia masih relatif tinggi. Ini yang sedang kita perjuangkan,” ujar Menko Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper