Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Bandara Komodo Rampung, Besok Diresmikan Presiden Jokowi

Pembangunan infrastruktur transportasi seperti Bandara dan Pelabuhan di Labuan Bajo yang dibesut sejak dua tahun lalu telah rampung. Rencananya, besok Kamis (21/7/2022), semua infrastruktur itu akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  16:07 WIB
Pembangunan Bandara Komodo Rampung, Besok Diresmikan Presiden Jokowi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Lombok untuk memastikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung 18-20 Maret 2022 - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan diresmikan oleh oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (21/7/2022) besok.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi  di Labuan Bajo untuk mendukung potensi wisata.

“Bandara ini sudah selesai kita bangun dan saat ini memiliki kapasitas hingga 1 juta penumpang per tahunnya. Kedepannya, runway akan kami tambah menjadi 2.750 meter,” ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara melakukan pembangunan perluasan Bandara Komodo sejak tahun 2020 hingga 2022. Adapun ruang lingkup pembangunan yakni di sisi udara yaitu perpanjangan runway dari sebelumnya sepanjang 2.450 m X 45 m kini menjadi 2.650 m x 45 m, yang mampu didarati pesawat jenis B737 Series (narrow body).

Selain itu, di sisi darat juga dilakukan perluasan gedung terminal hingga 13.366 meter persegi dan beautifikasi gedung terminal dengan tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan. Lebih lanjut Menhub menjelaskan, tidak hanya membangun bandara, pemerintah juga telah membangun pelabuhan baru multipurpose di daerah Way Kelambu yang berjarak kurang lebih 10-12 Km dari pelabuhan lama yang berada pusat kota Labuan Bajo.

“Pelabuhan Labuan Bajo Waterfront juga rencananya akan diresmikan bapak Presiden besok,” imbuhnya.

Menhub pun meninjau terlebih dahulu bersama dengan Menteri PUPR untuk datang ke Labuan Bajo dan memastikan infrastruktur di salah satu dari lima destinasi wisata ini telah diselesaikan dengan baik.

Dalam kunjungan kerjanya ke NTT, Menhub juga mengunjungi sejumlah daerah yaitu, meninjau Pelabuhan Tenau di Kupang untuk melihat kinerja Tol Laut dan mengunjungi pembangunan Terminal Barang Internasional di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Atambua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara komodo pulau komodo taman wisata komodo labuan bajo Jokowi jokowi
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top