Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi dan Presiden Timor Leste Sepakat Perkuat Konektivitas Jalur Laut

Presiden Jokowi melakukan kesepakatan kerja sama dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta sektor konektivitas jalur laut dengan membuka rute kapal tujuan Kupang-Dili-Darwin.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  15:14 WIB
Jokowi dan Presiden Timor Leste Sepakat Perkuat Konektivitas Jalur Laut
Presiden Jokowi melakukan kesepakatan kerja sama dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta sektor konektivitas jalur laut dengan membuka rute kapal tujuan Kupang-Dili-Darwin - Sekretariat Presiden / Lukas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan kesepakatan kerja sama dengan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta dalam meningkatkan konektivitas jalur laut dengan membuka rute kapal tujuan Kupang-Dili-Darwin.

"Untuk konektivitas laut, saya menilai pentingnya membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin," kata Jokowi dikutip melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa kedua negara sepakat untuk meningkatkan konektivitas baik darat maupun laut, di mana untuk konektivitas darat, diharapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera direalisasi.

Adapun, penguatan kerja sama terkait konektivitas darat diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang pergerakan lintas batas bus oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor-Leste José Agustinho da Silva saat melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Dalam pertemuan bilateral RI dan Timor-Leste, Jokowi menyampaikan bahwa penguatan kerja sama ekonomi menjadi fokus pembahasan kedua pihak. Kemudian, selain konektivitas, RI dan Timor-Leste sepakat untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengajak BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor-Leste, termasuk di bidang infrastruktur. Saat ini, nilai investasi Indonesia di Timor Leste mencapai US$818 juta dengan sektor utama di perbankan, migas, dan telekomunikasi.

Selanjutnya, komitmen penguatan kerja sama ekonomi menjadi salah satu fokus pembahasan, di mana kedua pemimpin Negara tersebut sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan antara Indonesia dan Timor Leste.

"Kami membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat. Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan kedua negara bisa terus ditingkatkan," katanya.

Lebih lanjut, terdapat empat kerja sama yang diumumkan pada pertemuan kedua kepala negara hari ini. Pertama, kerja sama bidang pertanian yang diteken oleh Menteri Pertanian Indonesia Syahrul Yasin Limpo dengan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste Pedro dos Reis.

Kedua, kerja sama bidang pergerakan lintas batas bus komersial antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Perhubungan dan Komunikasi Timor Leste José Agustinho da Silva. Ketiga, kerja sama bidang standardisasi dan meteorologi.

Kempat, kerja sama teknis bidang perdagangan. Keduanya diteken oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dengan Menteri Pariwisata, Perdagangan, dan Industri Timor Leste José Lucas do Carmo da Silva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi timor leste kerja sama konektivitas laut
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top