Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamin Pasokan ke Kilang Pertamina Balikpapan, Pipa Gas Senipah-Balikpapan Dibangun

Sub Holding Gas dan Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina tengah membangun pipa gas Senipah-Balikpapan untuk menjamin pasokan ke PT Kilang Pertamina Balikpapan.
Karyawan Pertamina melakukan pengawasan di fasilitas RU V Balikpapan. Istimewa/Pertamina
Karyawan Pertamina melakukan pengawasan di fasilitas RU V Balikpapan. Istimewa/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — Sub Holding Gas dan Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina tengah mengembangkan Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan untuk menjamin pasokan gas ke PT Kilang Pertamina Balikpapan.

Pengerjaan proyek itu ditandai dengan pengelasan pertama atau first welding sambungan pipa di Stockyard Jalan Pulau Balang KM 13 Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu (6/7/2022).

“Infrastruktur pipa gas ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan, dengan terjaminnya suplai energi tentunya akan berkontribusi kepada optimalisasi operasional kilang ke depannya," kata Direktur Teknologi & Infrastruktur PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Achmad Muchtasyar melalui siaran pers, Rabu (6/7/2022).

Pembangunan pipa gas sepanjang 78 kilometer dengan diameter 20 inch tersebut dilaksanakan oleh salah satu anak usaha Sub Holding Gas Pertamina yaitu PT Pertamina Gas (Pertagas).

Ke depannya ruas pipa gas itu akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan Kilang Pertamina Balikpapan dengan mengalirkan gas dari lapangan di wilayah Senipah Kalimantan Timur dengan kapasitas maksimal 125 MMSCFD.

Senada dengan PGN, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan Feri Yani menilai positif sinergi yang diambil oleh antar anak usaha Pertamina itu untuk mendukung percepatan program pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan.

"Kilang Pertamina Balikpapan merupakan salah satu proyek strategis nasional yang bertujuan meningkatkan kapasitas pengolahan dan produksi kilang. Dengan sinergi ini kami yakin nantinya Kilang Pertamina Balikpapan dapat meningkatkan produksi BBM dengan kuantitas dan kualitas optimal untuk kebutuhan di wilayah Indonesia Timur," kata Feri.

Pipa itu nantinya bakal melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan. Dukungan seluruh stakeholders serta sinergi kuat dengan kontraktor pelaksana PT PGAS Solution dan pemasok pipa PT Krakatau Pipe Industries akan mendukung kelancaran pelaksanaan proyek.

Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan juga mengutamakan pemanfaatan sumber daya dalam negeri secara optimal dengan tingkat TKDN sebesar 55 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper