Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bertemu Mendag Zulkifli Hasan, APPBI Keluhkan soal Jastip

Pengelola pusat perbelanjaan atau mal mengeluhkan pembatasan impor membuat maraknya jasa titip atau jastip yang merugikan sektor perbelanjaan melalui mal dan tentunya sektor perpajakan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  10:11 WIB
Bertemu Mendag Zulkifli Hasan, APPBI Keluhkan soal Jastip
Ilustrasi jasa titip (jastip) / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) mengeluhkan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terkait adanya pembatasan barang impor yang mendorong masyarakat untuk berbelanja melalui jasa titipan atau jastip.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja melihat adanya pembatasan barang impor dalam beberapa waktu terakhir menyebabkan kelangkaan persediaan barang di banyak toko di pusat perbelanjaan (mal).

“Pada akhirnya telah mendorong belanja melalui jastip dan juga mendorong belanja di luar negeri karena saat ini pemerintah telah melonggarkan untuk bepergian ke luar negeri,” kata Alphonzus, Selasa (5/7/2022). 

Jastip sendiri merupakan suatu bisnis yang memungkinkan seseorang untuk menitip pembelian barang kepada penyedia jasa di suatu negara tertentu.

Alphonzus melihat adanya bisnis tersebut merugikan baik bagi pengelola mal, ritel, maupun Indonesia itu sendiri. 

“Belanja melalui jastip dan belanja di luar negeri tentunya merugikan kami sendiri dari berbagai sisi terutama dari sisi perpajakan,” ujarnya.

Untuk itu, APPBI meminta kepada Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, untuk memilah pembatasan impor dan tidak menyamaratakan untuk semua kategori produk/barang. Pasalnya, pemerintah kini tengah melakukan pembatasan impor untuk mendorong produk dalam negeri khususnya UMKM.

Meski demikian, dalam diskusi Kemendag dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan APPBI, Alphonzus menyampaikan tetap berkomitmen dan konsisten untuk mendorong kemajuan produk dalam negeri dan UMKM untuk masuk ke pusat perbelanjaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

appbi jasa titipan impor pusat perbelanjaan zulkifli hasan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top