Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Proyek KPBU Jalan dan Rusun di IKN Tahun Ini, Bagaimana Skemanya?

Selain dari sektor jalan dan jembatan, proyek di IKN yang akan ditawarkan ke swasta melalui skema KPBU juga ada dari sektor perumahan.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  19:40 WIB
Ada Proyek KPBU Jalan dan Rusun di IKN Tahun Ini, Bagaimana Skemanya?
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022). - Antara @nyoman_nuarta\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menawarkan sejumlah proyek infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada investor dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menyatakan pada tahun ini ada 26 proyek KPBU dalam tahap penyiapan dan 11 proyek dalam tahap transaksi. Dari sejumlah proyek tersebut, ada juga proyek infrastruktur di IKN.

Dia menuturkan untuk pembangunan proyek infrastruktur IKN masih difokuskan untuk menggaet investor di dalam negeri. Adapun, proyek jalan pendukung IKN merupakan salah satu yang akan masuk dalam tahap persiapan pada tahun ini.

“Jadi nanti yang di IKN yang bangun pemerintah, lelangnya nanti operasionalnya saja,” kata Herry saat ditemui Bisnis usai rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin (4/7/2022)

Selain dari sektor jalan dan jembatan, proyek di IKN yang akan ditawarkan ke swasta melalui skema KPBU juga ada dari sektor perumahan.

Herry menjelaskan proyek Rusun IKN Tahap 1 akan masuk tahap persiapan pada tahun ini dan ditargetkan mulai masuk tahap transaksi pada 2023.

“Ini kita lagi coba KPBU, nanti dibangun oleh badan usaha setelah selesai bisa dalam bentuk availability payment, kalau tidak nanti dibayar oleh penggunanya sama dengan yang lain,” jelasnya.

Berdasarkan data Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, 26 proyek KPBU tahap persiapan tahun ini memiliki nilai investasi Rp239,1 triliun yang terbagi atas 13 proyek di sektor jalan dan jembatan, 6 proyek di sektor sumber daya air, 2 proyek di sektor perumahan, serta 5 proyek di sektor permukiman.

Sementara itu, untuk proyek KPBU tahap persiapan tahun ini ditargetkan mencapai Rp69,19 triliun yang terdiri atas 5 proyek di sektor jalan dan jembatan, 2 proyek di sektor sumber daya air, 2 proyek di sektor perumahan, dan 2 proyek di sektor permukiman.

“Ada 26 proyek tidak semua final business case, jadi baru bisa transaksi kalau FBC-nya sudah dilakukan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPBU Kementerian PUPR infrastruktur IKN ibu kota negara
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top