Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbandingan Desain Istana Presiden dan Wapres di IKN, Begini Penampakannya

Pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden dan kantor pemerintahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan segera dimulai. Begini penampakan desainnya.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 03 Juli 2022  |  20:39 WIB
Perbandingan Desain Istana Presiden dan Wapres di IKN, Begini Penampakannya
Huma Betang Umai, karya SHAU Architectures, Studi APTA dan Cilaki memenangkan juara kedua desain Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara / Dok. Kementerian PUPRrn

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan memulai tahap pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden dan kantor pemerintahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada periode 2022-2024. 

Sebelum pembangunan dimulai, desain untuk gedung-gedung di IKN sudah dipersiapkan terlebih dulu. Untuk desain Istana Presiden, dirancang oleh seniman sekaligus desainer I Nyoman Nuarta.

Adapun, untuk desain Kompleks Istana Wakil Presiden telah dilakukan sayembara yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sayembara juga digelar untuk desain Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, serta Kompleks Peribadatan.

Menariknya, Istana Presiden dan Istana Wapres memiliki desain yang sangat khas dan berbeda. Desainer Istana Presiden, I Nyoman Nuarta sebelumnya telah menunjukkan desain final istana Presiden melalui akun Instagramnya @nyoman_nuarta pada 11 Juni 2022 lalu.

Sementara itu, Kementerian PUPR juga telah mengumumkan nama-nama pemenang sayembara desain gedung IKN, termasuk desain Istana Wakil Presiden pada 29 Juni 2022.

Berikut ini penampakan desain Istana Presiden dan Istana Wakil Presiden di IKN Nusantara:

1. Desain Istana Presiden

Dalam video tersebut Istana Presiden nampak dikelilingi oleh pepohonan dan bangunan berbentuk seperti burung Garuda yang membentangkan sayapnya.

Dalam video yang berdurasi sekitar 5 menit tersebut, Nyoman juga memperlihatkan ada beberapa bangunan lain yang masuk dalam kawasan Istana Presiden yaitu Masjid, Museum, Kantor Kepresidenan.

Selain itu, pada bangunan tersebut juga terdapat Kantor Staf Khusus Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, Mes Paspampres, dan bangunan pendukung.

2. Desain Istana Wakil Presiden

Untuk desain kompleks Istana Wakil Presiden, Kementerian PUPR sebelumnya mengumumkan nama pemenang sayembara. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada juara pertama.

Namun, terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai juara kedua yakni karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Desain Istana Wakil Presiden yang mendapatkan juara kedua ialah karya SHAU+APTA+Cilaki. Di laman instagram milik shau architects terlihat Gedung tersebut dikelilingi oleh hutan asli, taman anggrek dan tapak matahari.

Berbeda dengan istana Presiden yang berbentuk seperti Garuda, desain ini berbentuk seperti air mengalir, di mana Istana Wakil Presiden menjadi sumber utama.

Dalam video yang berdurasi sekitar 2 menit tersebut terlihat ada beberapa bangunan dalam kawasan Istana Wakil Presiden yaitu, Masjid, Plaza, Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Kantor Staf Khusus Wakil Presiden, tempat parkir VVIP dan tempat parkir staff & service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

istana istana presiden IKN ibu kota negara
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top