Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Mendongkrak Triliunan Proyek Mangkrak, Pemerintah Ditagih Perbaiki Iklim Investasi Migas

Sejumlah persoalan mulai dari perizinan hingga ego sektoral dituding menjadi penyebab banyaknya investasi yang mangkrak.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  07:15 WIB
Top 5 News Bisnisindonesia.id: Mendongkrak Triliunan Proyek Mangkrak, Pemerintah Ditagih Perbaiki Iklim Investasi Migas
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA –Investasi dengan nilai mencapai ratusan  triliun masih menggantung dan belum terealisasi. Investasi “mangkrak” tersebut kini menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Sejumlah persoalan mulai dari perizinan hingga ego sektoral dituding menjadi penyebab banyaknya investasi yang mangkrak.

Sementara itu, iklim usaha yang dinilai kurang menarik ditengarai menjadi penyebab sulitnya mendongkrak investasi di sektor migas. Perusahaan raksasa sulit untuk masuk ke industri hulu migas.

Tingkat risiko yang sangat tinggi serta biaya investasi yang tidak sedikit membuat investor lebih berhati-hati dalam menanamkan investasinya.

Selain berita tentang investasi di atas sejumlah berita lain dihadirkan Bisnisindonesia.id secara lebih analitis dan mendalam.

Berikut kami pilihkan Top 5 News Bisnisindonesia.id edisi Senin, 20 Juni 2022 untuk Anda, para pembaca yang budiman.

1. Mendongkrak Triliunan Proyek Mangkrak

Investasi mangkrak senilai Rp709 triliun masih menjadi bahasan meski telah terlacak sejak 2020. Pemerintah sempat berkomitmen bahwa masalah tersebut akan selesai pada tahun ini. 

Mandeknya sejumlah proyek ini ditengarai disebabkan oleh sejumlah persoalan. Mulai dari aturan yang tumpang tindih hingga ego sektoral di kementerian dan lembaga maupun daerah. Walhasil, investasi sebagian proyek jalan ditempat. 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut kondisi itu mendasari pemerintah membentuk Satuan Tugas Percepatan Investasi. Satgas mulai menindak investasi mangkrak sehingga dapat segera terealisasi. 

2. Kabar Baik dari China, Lockdown di Beijing Dicabut Hari Ini

Sentimen Covid-19 dari China tampaknya akan segera memperlihatkan perubahan menuju kondisi yang membaik. Isyarat itu datang dari otoritas Beijing  yang pada hari Minggu (19/6/2022) dijadwalkan mencabut penguncian wilayah secara parsial.

Sebelumnya, kompleks permukiman dan stasiun ditutup sejak ditemukan kasus positif terkait pengunjung Heaven Supermarket Bar di kawasan internasional Sanlitun, Distrik Chaoyang. 
 
Dalam perkembangannya, otoritas kesehatan Beijing tidak menemukan kasus baru di luar kawasan lockdown dalam tiga hari berturut-turut. Ratusan kasus positif Covid-19 terkait klaster bar tersebut berhasil ditangani.

3. Mobil Balap BMW M4 GT4 Masuki Fase Penjualan

BMW M Motorsport memulai fase penjualan BMW M4 GT4 baru seiring presentasi secara resmi mobil sport tersebut menjelang akhir pekan balapan SRO di Virginia International Raceway (AS), Jumat (17/6/2022).

Mobil tersebut dipamerkan dengan desain BMW M Motorsport untuk pertama kalinya, setelah berhasil menyelesaikan balapan uji coba dalam warna kamuflase di Nurburgring-Nordschleife (GER). 

BMW M4 GT4 baru membawa banyak sorotan teknis, dan dibanderol dengan harga bersih 187.000 euro atau sekira Rp2,92 miliar. Produksi akan dimulai pada Oktober 2022, dan mobil pertama dikirim ke tim tepat waktu pada awal musim 2023.

BMW m4gt4/BMW

4. Bersolek Pelindo Tingkatkan Kinerja Pascamerger

Setelah proses merger antara Pelindo I, II, III dan IV menjadi hanya Pelindo pada Oktober 2021, perseroan mencanangkan strategi demi mencapai stardardisasi operasional dan komersial. Selama ini, pembagian wilayah Pelindo memicu standar berbeda antarperusahaan.

Empat langkah dilakukan PT Pelindo untuk mencapai standarisasi operasional dan komersial, yakni pengembangan kapabilitas organisasi dan manusia, pola bisnis operasi berbasis perencanaan dan kontrol, optimalisasi infrastruktur dan peralatan. 

Target tersebut termasuk pula penataan lay out pelabuhan, dan membangun budaya keselamatan melalui peningkatan kesadaran akan keselamatan serta standarisasi protokol keselamatan.

5. Menagih Janji Pemerintah Memperbaiki Iklim Investasi Migas

Pemerintah dituntut untuk lebih serius lagi meningkatkan daya saing investasi di dalam negeri. Apalagi, kontribusi industri migas terbukti berdampak langsung terhadap perekonomian Indonesia terutama di tengah lonjakan harga minyak dunia telah memberikan keuntungan kepada negara, baik dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP) maupun pajak pendapatan.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga mempunyai target besar lifting minyak bumi menjadi 1 barel per hari (bop) dan lifting gas menjadi 12 miliar standar kaki kubik per hari (Bcfd) pada 2030. 

Mau tidak mau, produksi harus terus ditingkatkan mengingat investasi kian turun karena selain dihadapkan pada isu transisi energi, Indonesia juga harus bersaing dengan negara lain untuk menangkap peluang investasi migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi china Lockdown Top 5 News Bisnisindonesia.id
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top