Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Raksasa Baterai CATL Private Placement US$6,7 Miliar Saat Kinerja Menurun

Produsen baterai terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd., (CATL) melakukan private placement saham senilai 45 miliar yuan atau senilai US$6,7 miliar, di tengah spekulasi penurunan kinerja.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  19:04 WIB
Raksasa Baterai CATL Private Placement US$6,7 Miliar Saat Kinerja Menurun
Sebuah purwarupa mobil listrik mengisi daya di bawah panel surya di dekat kantor pusat Contemporary Amperex Technology Co. (CATL) di Ningde, Fujian, China, Rabu (3/6/2020). - Bloomberg/Qilai Shen

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen baterai terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd., (CATL) melakukan private placement saham senilai 45 miliar yuan atau senilai US$6,7 miliar, di tengah spekulasi penurunan kinerja.

Perusahaan yang berbasis di Ningde, Fujian ini telah menetapkan harga dasar 339,67 yuan untuk penempatan yang akan ditetapkan pada Rabu, menurut sumber anonim, seperti dikutip Bloomberg pada Senin (13/6/2022).

Penempatan ini termasuk opsi greenshoe yang dapat membuat nilai kesepakatan mencapai sekitar US$6,87 miliar, seperti dilaporkan oleh IFR. CATL belum memberikan respons terkait hal ini.

Hasil penjualan akan digunakan untuk produksi dan peningkatan produk baterai lithium-ion di empat kota di China, serta penelitian dan pengembangan.

Raksasan produsen baterai ini tengah berada di bawah tekanan dalam beberapa bulan terakhir setelah mengumumkan pendapatan yang anjlok pada kuartal I/2022 dan mengungkapkan kewajiban derivatif yang cukup besar.

Perusahaan juga tengah diterpa rumor terkait dengan potensi kerugian yang lebih besar mungkin bakal mengurangi pendapatan kuartal II/2022.

Selain itu, Wakil Ketua CATL Huang Shilin dikabarkan memangkas kepemilikan sahamnya untuk mendapatkan dana segar.

Namun, CATL membantah spekulasi tersebut dengan mengatakan bahwa kepentingan Huang tidak berubah setelah mentransfer 2 juta saham kepada enam dana pribadi yang dimilikinya.

Perusahaan telah menginformasikan kepada bursa efek Shenzhen pada November terkait dengan pemangkasan private placement dari 58,2 miliar yuan (US$8,64 miliar).

Saham CATL melemah 2,4 persen mendekati 443,03 yuan di Shenzhen pada Senin. Saham telah anjlok hampir 25 persen dalam setahun terakhir. CATL mencatatkan valuasi pasar senilai US$153 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten baterai private placement
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top