Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara AP II Layani Keberangkatan 41.713 Jemaah Haji Indonesia

PT Angkasa Pura (AP) II memastikan kesiapan sejumlah bandaranya untuk melayani keberangkatan jemaah haji Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  20:07 WIB
Bandara AP II Layani Keberangkatan 41.713 Jemaah Haji Indonesia
Calon jemaah haji - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (AP II) mengumumkan sudah siap melayani keberangkatan para jemaah haji Indonesia mulai 4 Juni 2022.

Bandara AP II yang ditetapkan menjadi embarkasi penerbangan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan koordinasi telah dilakukan AP II bersama Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI dan Polri, AirNav Indonesia serta maskapai agar keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II.

“Lima bandara AP II akan melayani keberangkatan sebanyak 41.713 orang jamaah haji di dalam 106 kloter,” kata Awaluddin dalam keterangan resmi pada Selasa (7/6/2022).

Awaluddin juga menambahkan fasilitas bandara sudah siap termasuk sisi udara dan keamanan mencakup runway, taxiway, apron, baggage make up area, garbarata, hingga x-ray untuk pengecekan keamanan, walkthrough metal detector, handheld metal detector, termasuk juga pengaturan slot time penerbangan haji.

"Penerbangan haji juga akan mendukung pemulihan sektor penerbangan secara berkelanjutan," jelas Muhammad

Berikut persiapan masing-masing bandara AP II untuk layanan jemaah haji:

Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang)

Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara embarkasi dengan jumlah jemaah haji paling banyak yakni 29.221 orang jemaah haji dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Lampung yang tergabung di dalam 73 kloter.

Proses keberangkatan dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Lampung.

Di masing-masing asrama, jemaah haji menjalani proses keimigrasian, kesehatan dan pengecekan keamanan antara lain oleh Aviation Security, sedangkan untuk masing-masing bagasi jamaah haji dilakukan proses Bea dan Cukai serta pengecekan keamanan oleh Aviation Security.

“Proses keberangkatan termasuk security check point untuk keberangkatan jamaah melalui Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di asrama haji, didukung perlengkapan, fasilitas dan personel AP II,” ujar Awaluddin.

Setelah melalui proses keberangkatan di asrama haji, jemaah haji dengan bus menuju sisi udara (airside) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian menuju central koridor Terminal 2

Central corridor di Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 - 1.000 orang jamaah haji sebagai tempat menunggu para jamaah untuk memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Route.

Muhammad juga menegaskan bandara Soekarno-Hatta adalah satu-satunya bandara di Indonesia yang dilengkapi fasilitas layanan dini pre-clearance kemigrasian Kerajaan Arab Saudi atau Makkah Route. Sehingga, jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci dapat menjalani proses keimigrasian Kerajaan Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah jamaah saat kedatangan di bandara Madinah atau Jeddah.

Fasilitas Makkah Route di Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi 15 konter imigrasi Arab Saudi, yang dapat melakukan proses pre-clearance keimigrasian dalam waktu sekitar 60 detik untuk setiap penumpang pesawat/jamaah.

Setelah proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi usai, jamaah haji kemudian menuju boarding lounge untuk siap berangkat ke Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia atau Saudia.

Bandara Kualanamu (Deli Serdang)

Bandara Kualanamu melayani keberangkatan jemaah haji dari Sumatra Utara sebanyak 10 kloter dengan jumlah 3.854 orang jamaah haji. Proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan dijalani di asrama haji, lalu jemaah dengan bus menuju sisi udara untuk naik pesawat.

Bandara Minangkabau (Padang)

Bandara Minangkabau melayani keberangkatan jemaah haji dari Sumatera Barat dan Bengkulu sebanyak 2.883 orang jemaah haji di dalam 8 kloter.

Proses keberangkatan jemaah termasuk keimigrasian dan keamanan dilakukan di asrama haji, sedangkan proses pemeriksaan bagasi penumpang di Terminal Kargo Bandara Minangkabau.

Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh)

Bandara Sultan Iskandar Muda melayani keberangkatan 6 kloter dengan 2.023 orang jemaah haji. Proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan dilakukan di asrama haji untuk kemudian jemaah dengan bus menuju sisi udara bandara.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang)

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melayani keberangkatan 3.732 orang jamaah haji asal Sumatra Selatan dan Bangka di dalam 9 kloter. Di asrama haji, jamaah menjalani proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan lalu dengan bus menuju sisi udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara Ibadah Haji angkasa pura ii jemaah haji
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top