Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lebih Kuat, BI Jakarta Kembali Gelar JaKreatiFest 2022

JaKreatiFest 2022 merupakan bagian dari pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang telah dilaksanakan pada Mei lalu.
Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menggelar JaKreatiFest tahun 2022 pada 16 hingga 18 Juni mendatang./Bisnis-Noli Hendra
Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menggelar JaKreatiFest tahun 2022 pada 16 hingga 18 Juni mendatang./Bisnis-Noli Hendra

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta akan kembali menggelar Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) tahun 2022 pada 16 hingga 18 Juni mendatang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang telah dilaksanakan pada Mei lalu.

Tujuan dari diselenggarakan kegiatan tersebut pun adalah untuk memperkuat sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam memajukan UMKM melalui strategi penguatan hilirisasi produk-produk unggulan dan perluasan akses keuangan digital.

“Aktivitas tahunan ini memang ditujukan untuk pemulihan ekonomi dan mengangkat UMKM supaya naik kelas,” katanya dalam konferensi pers JaKreatiFest, Selasa (7/6/2022).

Adapun, JaKreatiFest tahun ini mengusung tema ‘Jakarta Punya Inovasi, Bersama Perkuat Pemulihan Ekonomi” dengan tagline “Kreatif, Inovatif, Inspiratif’.

Onny mengatakan, gelaran JaKreatiFest tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan membaik, terutama di Jakarta yang sebelumnya mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,63 persen secara tahunan.

Kegiatan JaKreatiFest juga diharapkan meningkatkan akses pembiayaan, memperluas akses pasar UMKM baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export, mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan sektor perdagangan Jakarta.

Dia menjelaskan, kegiatan JaKreatiFest akan mensinergikan beberapa kegiatan rutin tahunan terkait pemberdayaan UMKM DKI Jakarta yang terdiri dari kegiatan Festival Kopi Nusantara, Festival Kreatif dan Seni Jakarta, Festival Ekonomi Syariah (Fesyar), serta Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI).

Sebagai informasi, JaKreatiFest terdiri dari rangkaian pre-event, main event dan post event. Salah satu rangkaian kegiatan pre event telah dilaksanakan yaitu Webinar Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Keuangan Dalam Mendukung Keuangan Inklusif pada 2 Juni 2022.

Setelah itu, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan Pesta Wastra pada tanggal 10–16 Juni 2022 di Kawasan SCBD. Kegiatan ini melibatkan pengrajin Wastra se-Indonesia dengan harga terjangkau.

Main event JakreatiFest dilaksanakan secara hybrid pada 16–18 Juni 2022. Kegiatan luring atau offline dilaksanakan di Sarinah Mall, bekerja sama dengan BUMN, PT Sarinah (Persero).

Jumlah UMKM yang akan dihadirkan di pameran offline Jakreatifest adalah sebanyak 38 UMKM, di antaranya 11 UMKM fesyen, 7 UMKM kuliner, 11 UMKM kerajinan, dan 9 UMKM kopi.

Selain itu, pameran UMKM juga akan dilaksanakan secara daring atau online, bekerja sama dengan marketplace Bukalapak, sebagai salah satu upaya untuk mendorong UMKM go digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper