Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Haji 2022, Ini Kesiapan 6 Bandara Angkasa Pura I

Dalam pelaksanaan haji 2022, PT Angkasa Pura I (Persero) mendapatkan amanat untuk mengelola enam bandara embarkasi dan debarkasi haji.
Bandara Adi Soemarmo/adisumarmo-airport.com
Bandara Adi Soemarmo/adisumarmo-airport.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyiapkan sebanyak enam bandara kelolaan untuk mendukung penyelenggaraan haji 2022.

VP Corporate Secretary Angkasa Pura I Rahadian D. Yogisworo menjelaskan dalam pelaksanaan haji 2022, perseroan mendapatkan amanat untuk mengelola enam bandara embarkasi dan debarkasi haji.

Enam bandara tersebut, yaitu Bandara Adi Soemarmo Solo (SOC), Bandara Juanda Surabaya (SUB), Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN), Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ), dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok (LOP).

Dia pun memperkirakan perseroan akan melayani hingga 46.881 calon jemaah haji dari 121 kelompok terbang (kloter) pada periode penerbangan haji 2022 melalui enam bandara yang dikelolanya.

“Berdasarkan rencana pelaksanaan embarkasi haji, pemberangkatan perdana dilaksanakan pada 4 Juni 2022 yang dimulai dari Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Juanda Surabaya,” ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Sebaliknya untuk Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, pemberangkatan perdana jemaah haji baru dilaksanakan pada 12 Juni, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dilaksanakan pada 17 Juni, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dilaksanakan pada 20 Juni, dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dilaksanakan pada 22 Juni.

Adapun, berdasarkan ketetapan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, penerbangan haji akan dilaksanakan oleh 2 maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Kedua maskapai ini akan melayani total 121 kloter.

Garuda Indonesia akan melayani embarkasi & debarkasi haji di Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan jenis pesawat yaitu Airbus A330-300 dengan kapasitas 360 penumpang & Boeing B-777 dengan kapasitas 393 penumpang.

Khusus untuk Saudi Arabia Airlines, maskapai ini akan melayani embarkasi & debarkasi haji di Bandara Juanda Surabaya dengan menggunakan jenis pesawat Boeing B747-400 dengan kapasitas 450 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper