Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apindo Ajak Pebisnis Indonesia Perluas Kemitraan Komersial dengan Australia

Apindo berharap lewat IA-CEPA dapat menjadi jembatan baru menuju kemitraan ekonomi yang mencerminkan kekuatan kedua negara.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  18:36 WIB
Apindo Ajak Pebisnis Indonesia Perluas Kemitraan Komersial dengan Australia
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-13 di dunia, dan letak yang dekat secara geografis, Australia berpotensi menjadi mitra perdagangan dan investasi yang lebih besar untuk Indonesia.

Dengan strategi penguatan kualitas, merek dan diversifikasi produk, serta pemahaman akan regulasi perdagangan Australia dipercaya akan memicu peningkatan ekspor barang Indonesia. Diversifikasi tujuan ekspor di luar pasar tradisional seperti China, Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, dan Thailand, dinilai akan memperkuat daya saing Indonesia.

Sekretaris Umum Apindo Eddy Hussy mengatakan berharap lewat IA-CEPA dapat menjadi jembatan baru menuju kemitraan ekonomi yang mencerminkan kekuatan kedua negara.

“Apindo sebagai asosiasi pengusaha multisektoral turut mendukung IA-CEPA sebagai perjanjian yang komprehensif dan dapat mencakup berbagai masalah termasuk dan di luar perdagangan dan investasi, melampaui fitur FTA tradisional," ujarnya dalam webinar bertajuk “Understanding the Australian Business Environment” pada Selasa (31/5/2022) di Jakarta.

Acara tersebut juga diselenggarakan Apindo bersama Program Kerjasama Ekonomi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) Katalis.

“Tahap implementasi sudah di depan mata. Sekarang waktunya mengoptimalkan manfaat dari IA CEPA," sambung Eddy.

Selain mempertajam strategi bisnis dan pemahaman regulasi, Apindo juga mengajak para pelaku usaha Indonesia untuk memaksimalkan manfaat IA-CEPA melalui keahlian dan dukungan yang ditawarkan Katalis, sebuah program pengembangan perdagangan dan investasi yang didukung pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia.

“Katalis percaya perluasan akses pasar, peningkatan integrasi pasar Indonesia-Australia, serta perbaikan keterampilan untuk mendorong pemulihan akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif," Direktur Program IA-CEPA Paul Bartlett.

Dia menambahkan Katalis bekerja melalui identifikasi dan pengembangan peluang pasar baru, serta penyediaan dukungan bagi kemitraan bisnis bilateral di berbagai sektor prioritas, seperti pertanian, energi hijau, ekonomi digital, kesehatan, dan keterampilan untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca- pandemi.

Bentuk dukungan yang tersedia bagi kegiatan dengan nilai komersial dan bilateral Indonesia-Australia antara lain berupa analisis dan advokasi kebijakan/peraturan, penelitian pasar, analisis rantai pasok, studi kelayakan, strategi masuk pasar, pelatihan industri dan peningkatan kapasitas, pertukaran keterampilan, pengembangan kursus sesuai kebutuhan, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apindo australia ia-cepa
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top