Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Rapat Pleno Kedua KNEKS, Wapres: Pemerintah Akan Dorong Ekonomi Syariah

Melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), program-progam strategis terus disusun dan dijalankan bersama dengan kementerian dan lembaga terkait.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  18:50 WIB
Hasil Rapat Pleno Kedua KNEKS, Wapres: Pemerintah Akan Dorong Ekonomi Syariah
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan", secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menegaskan, Pemerintah terus melakukan langkah-langkah nyata untuk memajukan sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Dia melanjutkan, hal tersebut dilakukan agar peran kedua sektor tersebut tidak hanya dapat membawa kemaslahatan bagi masyarakat, tetapi juga memberikan kontribusi di tataran global.

Menurutnya, melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), program-progam strategis terus disusun dan dijalankan bersama dengan kementerian dan lembaga terkait. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi program kerja KNEKS agar rumusan yang telah dirancang dapat benar-benar terealisasi.

Salah satu poin disoroti Wapres adalah pengoptimalan Kawasan Industri Halal (KIH) yang telah dibangun di beberapa daerah.

“KIH terus dioptimalkan bukan hanya membuka tapi juga memasukkan pengusaha ke dalam KIH itu, apa hal-hal yang tadi menjadi krusial, kita rumuskan,” ujarnya di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

Sementara itu, di bidang pengembangan dan Perluasan usaha syariah, salah satunya Wapres memberikan arahan untuk lebih memperluas fasilitas usaha di bidang kuliner yang berlandaskan nilai syariah melalui Zona KHAS.

“Agar diperbanyak titik-titik zona kuliner halal, aman dan sehat (zona KHAS), dan saya kira harus didorong,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan perlu adanya peningkatan kinerja di bidang Industri Produk Halal, salah satunya dengan merampungkan rancangan kerja industri halal agar dapat direncanakan lebih teknis di tingkat kementerian dan instansi daerah.

Di akhir rapat Wapres mengapresiasi langkah-langkah nyata yang telah dilakukan KNEKS serta berbagai pihak terkait, kemudian diharapkan dapat segera bergerak cepat untuk mewujudkannya.

“Saya berharap bahwa rencana-rencana yang kita inginkan sesuai dengan tema kita itu, yaitu Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia memang dapat ita laksanakan” tutur Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi syariah kawasan industri halal Ma'ruf Amin KNEKS
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top