Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keren! Sinar Mas Land Uji Coba Kendaraan Listrik Tanpa Awak di BSD City

Sinar Mas Land melakukan peresmian uji coba kendaraan listrik otonom bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono dan sejumlah pejabat lainnya di Q Big BSD pada hari ini, Jumat (20/05/2022).
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  21:12 WIB
Sinar Mas Land melakukan peresmian uji coba kendaraan listrik otonom bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono dan sejumlah pejabat lainnya di Q Big BSD pada hari ini, Jumat (20/05/2022). - Sinar Mas Land
Sinar Mas Land melakukan peresmian uji coba kendaraan listrik otonom bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono dan sejumlah pejabat lainnya di Q Big BSD pada hari ini, Jumat (20/05/2022). - Sinar Mas Land

Bisnis.com, JAKARTA - Sinar Mas Land melakukan peresmian uji coba kendaraan listrik otonom bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono dan sejumlah pejabat lainnya di Q Big BSD pada hari ini, Jumat (20/05/2022).

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengapresiasi upaya Sinar Mas Land dalam mengembangkan transportasi masa depan dalam kota pintar yang berkesinambungan di Tanah Air.

“Terima kasih kepada Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation yang sudah membuat proyek ini untuk menjadi inovasi yang baik untuk kita. Kehadiran AV menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon, mengurangi kemacetan, dan tepat waktu,” paparnya dalam peresmian tersebut, Jumat (20/05/2022).

Menhub berharap teknologi ini pun bisa ditunjukan saat G20 Summit sehingga mata dunia tau bahwa Indonesia punya visi masa depan dan membuat terobosan.

Pada kesempatan yang sama Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap menyatakan kesiapan BSD City untuk dukung ekosistem kendaraan listrik.

“Untuk menjadi kota pintar yang terdepan, kami menyiapkan BSD City untuk tanggap terhadap beragam alternatif solusi kehidupan masyarakat di masa depan. Ini membuat Research and Development menjadi salah satu agenda penting dalam transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city. Keberadaan BSD City sebagai testbed untuk kendaraan listrik tanpa awak juga mewujudnyatakan kesiapan kota mandiri ini untuk futuristic and green mobility.”

Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri. Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Masyarakat umum dapat turut mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile. Kemudahan akses transportasi dan mobilitas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land kepada warga dan masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik sinar mas kementerian perhubungan bsd city
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top