Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkah Libur Lebaran, KRL Yogyakarta-Solo Sempat Bawa Penumpang 25.000 Per Hari

Jumlah penumpang KRL Yogyakarta-Solo tumbuh signifikan pada saat masa angkutan Lebaran 2022, sempat menyentuh angka 25.000 per hari.
Ilustrasi Kereta Commuter/ Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi Kereta Commuter/ Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA- Libur Idulfitri 2022 turut membawa berkah bagi KRL Yogyakarta-Solo, yang baru genap berumur satu tahun pada Maret 2022 lalu. Pada libur Lebaran, jumlah penumpang tercatat naik hingga lima sampai dengan enam kali lipat.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan jumlah penumpang KRL Yogyakarta-Solo tumbuh signifikan pada saat masa angkutan Lebaran 2022. Dia menyebut jumlah penumpang sempat menyentuh angka 25.000 per hari.

"Di Lebaran ini jumlah penumpang bisa mencapai 25.000. Naik dari awal beroperasi hanya 3.000-4.000 penumpang, sehingga ini pertumbuhan yang signifikan," jelasnya pada webinar, Kamis (12/5/2022).

Selain memudahkan transportasi khususnya pada waktu Lebaran, Didiek menyebut adanya KRL baru tersebut memberikan efek pengganda pada ekonomi daerah yang dilintasi kereta.

Selanjutnya, Didiek mengatakan akan terus mengembangkan elektrifikasi jalur kereta tidak hanya di Yogyakarta-Solo maupun Jabodetabek saja. KAI akan bekerja sama dengan Kemenhub untuk memperluas pengembangan jalur untuk commuter line.

Sebagai operator, KAI Commuter juga mengajak seluruh pengguna untuk selalu menjalankan protokol kesehatan saat menggunakan layanan KRL Yogyakarta-Solo. Para penumpang diminta untuk menggunakan masker dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lalu, pengguna yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi badan lebih dari 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket.

KAI Commuter juga mengimbau agar masyarakat berusaha untuk menghindari kepadatan di dalam perjalanan KRL. Anak-anak perlu dipastikan selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan.

Untuk kemudahan perjalanan, khususnya pengguna yang transit dari KA Lokal untuk melanjutkan perjalanan dengan KRL, diimbau untuk mengunakan KMT atau kartu uang elektonik bank untuk memudahkan dalam transaksi pembayaran tiket KRL agar terhindar dari antrean saat di stasiun. Sementara itu, pembelian tiket KA Lokal Prameks bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi KAI Access. Siapkan kartu identitasnya untuk mempercepat transaksi pembelian tiket KA Lokal.

Pembelian tiket KA Lokal dari aplikasi KAI Access bisa dilayani mulai dari 7 hari sebelum perjalanan. Pembelian di loket juga tetap dilayani selama tiket masih tersedia. Bawa barang bawaan secukupnya dan sesuai dimensi ukuran yaitu 40 x 30 x 100 cm. Informasi lengkap seputar perjalanan KRL dan KA Lokal Prameka dapat dilihat melalui akun media sosial @commuterline atau call center 121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper