Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantap! Akhirnya, Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu Siap Beroperasi Penuh

Kehadiran ruas tersebut mampu memangkas waktu tempuh perjalan dari Kota Bengkulu ke Taba Penanjung hanya menjadi 15 menit jika dibandingkan dengan menempuh jalan nasional yang memakan waktu 1 jam.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  17:16 WIB
Situasi arus lalu lintas di gerbang tol Itera Kotabaru di jalan tol Trans Sumatra - Hutama Karya
Situasi arus lalu lintas di gerbang tol Itera Kotabaru di jalan tol Trans Sumatra - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu siap untuk dioperasikan secara penuh setelah seluruh proses konstruksinya dipastikan rampung.

Berdasarkan keterangan resminya Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, jalan tol yang membentang sepanjang 17,6 kilometer (KM) itu telah digunakan secara fungsional arus mudik Lebaran 2022. Kehadiran ruas tersebut mampu memangkas waktu tempuh perjalan dari Kota Bengkulu ke Taba Penanjung hanya menjadi 15 menit jika dibandingkan dengan menempuh jalan nasional yang memakan waktu 1 jam.

Seksi 3 Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu sepanjang 95,8 km. Kemudian kedua seksi lainnya yakni Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang sepanjang 54,5 km dan Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung sepanjang 23,7 km yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Jalan Tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) sejak 2019 ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) khusus Seksi 3 Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu pada 13 April--14 April 2022.

Pemanfaatan jalan tol tersebut diharapkan dapat digunakan secara optimal karena terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai dalam rangka mengembangkan ekonomi daerah dan akan meningkatkan konektivitas pariwisata yang berkunjung ke Bengkulu.

Kehadiran jalan tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu nantinya akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah.

Di samping itu, kehadiran jalan tol yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top