Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatian! Malam Ini, 40.000 Kendaraan Masuk Pelabuhan Bakauheni!

Kapolri memprediksi sebanyak 40.000 kendaraan pemudik akan masuk Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Jawa pada arus balik Lebaran 2022.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  19:11 WIB
Kendaraan pemudik masuk ke Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Sabtu (7/5/2022). -  Dok. ASDP
Kendaraan pemudik masuk ke Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Sabtu (7/5/2022). - Dok. ASDP

Bisnis.com, JAKARTA - Arus balik penyeberangan dari Sumatra menuju Jawa diperkirakan bisa mencapai 40.000 unit kendaraan yang masuk di Pelabuhan Bakauheni pada malam ini (7/5/2022).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan lalu lintas arus balik terus mengalami peningkatan pada Jumat (6/5/2022) dan Sabtu (7/5/2022) atau H+2 dan H+3 Lebaran. Tercatat sejak Selasa (3/5/2022) hingga H+3 sudah 364.673 orang atau mencapai 40,78 persen pemudik yang telah kembali ke Jawa via Pelabuhan Bakauheni.

"Diperkirakan pada malam ini bisa mencapai 40.000 unit kendaraan yang menyeberang," katanya dalam siaran pers, Sabtu (7/5/2022).

Dia menuturkan jika melihat grafik data tercatat dalam dua hari ini arus penumpang dan kendaraan pemudik kapal feri dari Sumatra ke Jawa terus meningkat.

Kepolisian dan stakeholder terkait juga telah menyiapkan skema dalam menghadapi puncak arus balik, mulai dari rekayasa lalu lintas dengan pengaturan di rest area Tol Trans Sumatra arah Bakauheni untuk area penampungan jika terjadi kepadatan di Pelabuhan, serta pemanfaatan penambahan dermaga Pelabuhan Panjang sebagai alternatif.

Menurutnya, langkah antisipasi dengan mengoptimalkan rest area sebagai lokasi area penampungan pada puncak arus balik diharapkan dapat meminimalisir kepadatan di pelabuhan jika volume kendaraan melonjak tajam. Dengan demikian, peristiwa kemacetan saat arus mudik di Pelabuhan Merak, dapat dihindari.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif, khususnya untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten guna memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

Data Posko mencatat hingga Sabtu (7/5/2022) siang, terdapat total sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk/bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapolri bakauheni lebaran Arus Balik pelabuhan bakauheni
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top