Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada One Way, Berikut Alternatif Rute Mudik ke Bandung & Semarang

Pelaku mudik yang akan bertolak dari Jakarta ke Semarang atau Bandung saat penerapan one way dapat menempuh rute alternatif non-tol.
Ilustrasi kendaraan memadati pintu tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. saat arus balik Lebaran 2022/Antara
Ilustrasi kendaraan memadati pintu tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. saat arus balik Lebaran 2022/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) dan Kepolisian menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah alias one way mulai Jumat (6/5/2022) hari ini untuk mengurangi kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2022. Pengguna jalan yang hendak pergi ke arah Bandung dan Semarang pun diimbau untuk melakukan antisipasi, dengan cara menempuh rute alternatif non-tol.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, kebijakan one way menuju arah Jakarta ini terpaksa diterapkan demi mencegah penumpukan kendaraan berlebih pada puncak arus balik. Karenanya, pihak Jasa Marga meminta maaf apabila kebijakan ini mengganggu kelancaran pengguna jalan yang baru akan mudik setelah Hari Raya Idulfitri.

"Jasa Marga memohon maaf kepada pengguna jalan yang terdampak rekayasa lalu lintas one way serta memohon pengguna jalan untuk bersabar, bergantian untuk menggunakan lajur jalan tol untuk terwujudnya arus balik yang aman dan nyaman," ujar  dalam keterangan resminya, Jumat (6/5/2022).

Jasa Marga pun telah menyiapkan rekomendasi alternatif rute-nontol yang bisa digunakan pemudik dari arah Jakarta menuju Bandung dan Semarang. Berikut rute selengkapnya.

ARAH BANDUNG

Alternatif 1: melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Ciawi Km 45 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cisarua, Cipanas, Cianjur, Sukaluyu, Cipatat hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 2: melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Cibubur Km 13 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cileungsi, Jonggol, Cianjur hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 3: melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, Wanayasa, Lembang hingga Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 4: melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, hingga masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya.

ARAH SEMARANG

Alternatif 1: melalui Jalan Tol Dalam Kota, lalu keluar melalui Cawang / Halim Km 2 arah Cawang, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui MT Haryono, Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya

Alternatif 2: melalui Jalan Tol JORR Seksi E, lalu keluar melalui Pondok Kelapa Kelapa / Kranji Km 47 baik arah Cakung maupun arah Jati Asih, dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper