Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puncak Arus Balik Moda Transportasi Laut Diprediksi pada Minggu 8 Mei

Semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut. Persiapan dilakukan termasuk untuk mengantisipasi potensi lonjakan.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  14:59 WIB
Puncak Arus Balik Moda Transportasi Laut Diprediksi pada Minggu 8 Mei
Ilustrasi - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang arus balik Lebaran 2022, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan penanganan arus balik dengan transportasi laut. Puncak arus balik pada transportasi laut diprediksi jatuh pada Minggu (8/5/2022) sampai dengan Senin (9/5/2022).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Mugen S Sartoto memastikan semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut. Persiapan dilakukan termasuk untuk mengantisipasi potensi lonjakan.

"Saat ini memang belum puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi di minggu depan, tanggal 8-9 Mei 2022," jelas Mugen saat memimpin Rakor kesiapan Angkutan Arus Balik via zoom meeting untuk 110 Pelabuhan Pantau, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (4/5/2022).

Mugen menginstruksikan kepada semua para Kepala UPT dan Operator Kapal di seluruh penjuru tanah air untuk tetap mewaspadai jika ada potensi atau masalah yang bisa berakibat terganggunya transportasi laut pada arus balik Lebaran tahun ini.

Selain itu, Mugen mengimbau agar semua pihak memastikan kesiapan sistem online ticketing sehingga kesiapan kapal bisa diprediksi, termasuk untuk penambahan armada jika diperlukan.

"Saya berharap mari kita bersama-sama untuk melayani masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut pada arus balik lebaran tahun ini dengan sebaik mungkin sehingga mereka bisa kembali ke tempat kerja dengan aman dan selamat," pesannya.

Pada Rakor tersebut, beberapa UPT yang sudah siap melaporkan kesiapannya antara lain dari Pelabuhan Pare-Pare, Banten, Selayar dan Sapudi.

Kepala KSOP Pelabuhan Pare-Pare Triono melaporkan bahwa sudah melakukan Apel Kesiapan Arus Balik dengan Tim Terpadu seperti Pemda dan para Operator. Sampai saat ini, dilaporkan tidak terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Pare-Pare. Prediksinya, kenaikan jumlah penumpang baru akan terjadi pada Minggu sampai dengan Senin.

"Intinya Pelabuhan Pare-Pare siap antisipasi arus balik dan telah disiapkan tambahan 2 kapal apabila terjadi lonjakan penumpang arus balik," kata Triono.

Di Pelabuhan Selayar, kesiapan penyeberangan sudah dilaksanakan dengan menambahkan trip kapal yg semula dua kali menjadi tiga kali, termasuk untuk kapal penyeberangan dan kapal perintis yang berangkat dari Pelabuhan Selayar.

Selain itu, Pelabuhan Sapudi menyatakan siap untuk mengantisipasi semua lonjakan penumpang dan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait termasuk para operator swasta untuk penambahan trip maupun kapal penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni Mudik Lebaran kapal laut
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top