Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelabuhan Merak Macet, Anak Usaha Sinar Mas Buka Pelabuhan Indah Kiat

Beroperasinya pelabuhan Indah Kiat milik anak usaha Grup Sinar Mas bantu urai kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  09:37 WIB
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. Peningkatan pemudik dan kendaraan di pelabuhan tersebut menyebabkan kemacetan sepanjang 7 kilometer dari Pelabuhan Merak hingga Kota Cilegon bagian barat. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman - nym.rn
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. Peningkatan pemudik dan kendaraan di pelabuhan tersebut menyebabkan kemacetan sepanjang 7 kilometer dari Pelabuhan Merak hingga Kota Cilegon bagian barat. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman - nym.\r\n

Bisnis.com, JAKARTA – Anak Usaha Grup Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas operasikan Pelabuhan Indah Kiat sebagai salah satu alternatif mengurai kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak yang macet.

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata memaparkan, Pelabuhan Indah Kiat yang merupakan salah satu anak usaha APP Sinar Mas ini difungsikan sebagai pelabuhan alternatif bagi kendaraan logistik dan pemudik untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak saat arus mudik lebaran 1443 Hijriah.

"Kita mendukung arahan pemerintah untuk membantu mengurai kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak bagi pemudik," ujar Suhendra dalam keterangan resmi, dikutip Senin (2/5/2022).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten.

"Untuk truk-truk bisa diarahkan ke Pelabuhan Indah Kiat. Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” ujar Budi.

Kapolda Banten Rudy Heriyanto menyatakan, beroperasinya Pelabuhan Indah Kiat untuk kendaraan logistik maka arus mudik bisa dilayani 8 dermaga sehingga dapat menekan kepadatan arus mudik.

Sebelumnya ada 7 dermaga beroperasi di Pelabuhan Merak, mencakup 1 dermaga eksekutif dan 6 dermaga reguler.

Sebagai informasi, di Pelabuhan Indah Kiat juga telah disiapkan tiga kapal Roro besar dengan rute ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinar mas pelabuhan Mudik Lebaran sinar mas group pelabuhan merak
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top