Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Naik Kapal

Menhub Budi Karya melepas keberangkatan Mudik Gratis Naik Kapal Laut di KM Ciremai dengan rute Jakarta – Semarang – Surabaya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 April 2022  |  10:53 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan KM Ciremai yang mengangkut penumpang dan sepeda motor Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kementerian Perhubungan dan PT Pelni, Jumat (29/4/2022) -  Dok. BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan KM Ciremai yang mengangkut penumpang dan sepeda motor Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kementerian Perhubungan dan PT Pelni, Jumat (29/4/2022) - Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas keberangkatan KM Ciremai yang mengangkut penumpang dan sepeda motor Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kementerian Perhubungan dan PT Pelni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan rute mudik yang ditempuh KM Ciremai adalah Jakarta – Semarang – Surabaya. Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Ciremai adalah tanggal 9 Mei 2022.

Dari data keberangkatan, KM Ciremai mengangkut 703 motor dan 1.628 orang dengan rincian 1.246 orang dewasa, 256 orang anak (5 tahun hingga 12 tahun) dan 126 orang balita. Rinciannya, untuk tujuan Semarang 649 motor dan 1.481 orang, sedangkan tujuan Surabaya 54 motor dan 147 orang.

Menhub menyampaikan bahwa program mudik gratis ini diharapkan memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat yang sudah dua tahun tidak mudik. Selain itu, program mudik gratis ini diharapkan akan mengurangi kepadatan lalu lintas serta mengurangi risiko kecelakaan pemudik yang banyak menggunakan sepeda motor.

“Kita tahu juga kalau mengendarai motor Jakarta–Semarang itu capek. Kalau capek itu risiko terhadap keselamatan,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (30/4/2022).

Menhub meminta jajarannya di Ditjen Perhubungan Laut bersama Pelni, Pelindo dan unsur terkait lainnya di sektor pelayaran, dapat membuat program yang sama pada penyelenggaraan mudik tahun depan.

Lebih lanjut terkait penyelenggaraan mudik di sektor transportasi laut, Menhub mengungkapkan telah memetakan daerah-daerah yang berpotensi terjadi lonjakan penumpang. Menhub meminta aspek keselamatan pelayaran dijaga dengan baik, dan berpesan agar kapal jangan sampai ada yang kelebihan muatan.

“Pergerakan yang meningkat seperti di Madura, Selayar, Sulsel, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Pangkalan Bun dan Batam,” tuturnya.

Sementara itu, sejumlah penumpang menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, yang telah menyediakan mudik gratis ini.

"Terima kasih Pak, pelayanannya bagus," ujar salah satu pemudik dari Semarang kepada Menhub. "Saya milih naik kapal, biar enggak capek," ujar pemudik dari Boyolali.

Menhub memang sempat berbincang dengan sejumlah peserta mudik gratis, langsung di atas kapal dan juga dari daratan ketika kapal akan berangkat.

"Pak, tahun depan ada lagi ya," kata salah satu pemudik sembari berteriak di atas kapal kepada Menhub yang melambaikan tangan dan tersenyum.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub menhub Mudik Lebaran mudik mudik gratis Info Mudik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top