Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Geger! Harga Tiket Pesawat Jakarta–Aceh Rp9,6 Juta, Ini Dugaan Kemenhub

Kemenhub menjelaskan dugaan soal harga tiket Jakarta–Aceh yang tembus Rp9,6 juta per orang untuk sekali terbang saat mudik Lebaran 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 April 2022  |  14:50 WIB
Geger! Harga Tiket Pesawat Jakarta–Aceh Rp9,6 Juta, Ini Dugaan Kemenhub
Pekerja menurunkan muatan kargo dari pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 143 setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (2/9/2020). - ANTARA FOTO/Ampelsa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menduga harga tiket pesawat Jakarta–Aceh yang tembus Rp9,6 juta per orang untuk sekali terbang merupakan penerbangan tidak langsung/transit ataupun kelas bisnis.

Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Aryani Satyamurni mengatakan bisa jadi tiket penerbangan reguler kelas ekonomi sudah habis, ataupun rute direct sudah tidak tersedia lagi.

"Sementara sistem online travel angent [OTA] yang digunakan dalam mencari tiket, akan terus mencari ketersediaan penerbangan sesuai yang dicari konsumen," katanya, Jumat (29/4/2022).

Selain itu, jelasnya, terdapat perbedaan biaya jika transit, dan pemerintah hanya mengatur rute langsung kelas ekonomi. Penerbangan transit akan jauh lebih mahal daripada penerbangan direct karena merupakan akumulasi tarif dari satu rute ke rute berikutnya. Begitu juga dengan kelas bisnis. Saat ini, pemerintah hanya mengatur tarif pesawat kelas ekonomi. 

Dia mengimbau kepada pengguna untuk teliti sebelum membeli, karena sistem OTA ini merupakan sistem otomatis dalam mencari tiket penerbangan, sehingga memang terdapat kemungkinan untuk konsumen mendapatkan harga yang tinggi.

Calon penumpang, lanjutnya, juga bisa mencari informasi penawaran promosi dari maskapai penerbangan, agen-agen perjalanan, layanan kartu kredit dan lain-lain, yang seringkali memberikan penawaran harga khusus untuk periode tertentu.

Selain itu, pilih waktu penerbangan yang tepat, mengingat harga pada saat peak season lebih mahal dibandingkan dengan low season. Peak season adalah suatu musim dimana banyak orang membeli tiket. Biasanya terjadi menjelang liburan dan dan berlangsung hingga beberapa hari setelahnya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengirimkan surat untuk Presiden Joko Widodo dan sejumlah maskapai penerbangan terkait mahalnya harga tiket dalam perjalanan dari dan menuju wilayah tersebut.

Dilansir dari Antara, harga tiket Jakarta–Aceh yang bisa dipesan melalui online mencapai Rp9,6 juta per orang  untuk sekali jalan. Padahal, normalnya harga tiket hanya Rp2,6 juta per orang untuk sekali jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub tiket pesawat Mudik Lebaran mudik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top