Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Marga: Macet di Gerbang Tol Cikampek Utama Imbas dari Antrean Rest Area di Cipali

Sempat terjadi kepadatan di GT Cikampek Utama, yang tersambung dengan ekor kepadatan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akibat akses masuk rest area KM 86 Jalan Tol Cipali.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 April 2022  |  16:25 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan kemacetan yang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama merupakan imbas dari kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang disebabkan antrean masuk kendaraan ke rest area.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru sempat terjadi di GT Cikampek Utama merupakan kepadatan yang tersambung dengan ekor kepadatan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akibat akses masuk rest area KM 86 Jalan Tol Cipali.

Saat ini GT Cikampek Utama beroperasi optimal dengan 22 unit gardu yang menuju arah Timur Trans Jawa dengan penambahan 3 unit mobile reader, dari jumlah normal 15 gardu.

"Kami juga mengingatkan kepada pengguna jalan bahwa direncanakan sore ini pukul 17.00 WIB akan mulai dilakukan rekayasa lalu lintas one way yang dimulai dari KM 47 (Karawang) Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang yang merupakan diskresi Kepolisian," kata Heru dalam keterangannya Kamis (28/4/2022).

Heru mengatakan, telah terjadi peningkatan lalu lintas yang signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sejak dini hari tadi. Saat ini contraflow dari km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga km 86 Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang dikelola oleh Astra Tol Cipali sejak pukul 11.40 WIB dan dimajukan dari km 65 pada pukul 12.35 WIB yang telah ditutup sejak pukul 14.00 WIB.

Heru menuturkan, kondisi lalu lintas pada pukul 15.00 WIB masih terpantau kepadatan di akses menjelang rest area KM 57.

Di samping itu, buka tutup rest area dilakukan oleh Kepolisian untuk mengurangi kepadatan di jalan tol. Untuk itu, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tidak parkir di bahu jalan untuk mengakses rest area karena dapat membahayakan dan mengganggu fungsi bahu jalan.

“Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian yang juga dilakukan secara situasional dengan melihat update kondisi lalu lintas,” ujar Heru.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga Mudik Lebaran
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top