Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Pasar Indonesia Bagian Timur, Indomaret Siapkan Jalur Distribusi

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret berencana untuk semakin merambah pasar Indonesia bagian Timur seperti Sulawesi Tengah hingga Papua Barat dengan membuka jalur distribusi.
Indomaret
Indomaret

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indomarco Prismatama atau Indomaret berencana untuk terus merambah pasar Indonesia bagian Timur seperti Sulawesi Tengah hingga Papua Barat dengan membuka jalur distribusi.

Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama Feki Oktavianus menyampaikan rencana tersebut dengan harapan dapat menjangkau dan melayani masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

“Rencana Indomaret tahun 2022 ini sedang mempersiapkan jalur distribusi untuk dapat melayani masyarakat di wilayah Indonesia Timur, terutama di Palu, Kupang, dan Sorong,” ujar Feki, Rabu (27/4/2022).

Melansir dari lama resmi Indomaret, hingga Maret 2022 jumlah gerai yang tercatat sebanyak 19.891 dan diprediksi akan terus bertambah. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Selain gerai Indomaret, PT Indomarco Prismatama milik Salim Group tersebut telah menghadirkan anak perusahaan, yakni Indogrosir dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.

Dalam rangka persiapan pengoperasian gerai di wilayah tersebut, Feki menyampaikan bahwa pihak tengah gencar melakukan survei baik lokasi dan kebutuhan masyarakat.

“Persiapan dari sisi logistik, baik survei lokasi maupun produk-produknya sedang disiapkan agar nantinya bisa men-supply toko-toko Indomaret yang akan beroperasi di sana,”

Pengamat ritel Yongky Susilo menyampaikan bahwa langkah peritel minimarket merek nasional dalam menyiapkan gerai di Indonesia Timur menjadi hal yang baik dan cukup menjanjikan, mengingat di wilayah Jawa yang sudah cukup jenuh.

Butuh perencanaan dan perhitungan matang untuk dapat membuka gerai di wilayah tersebut. Yongky menyampaikan peritel harus memikirkan konsep yang cocok bagi kota-kota tersebut.

“Biasanya satu gudang itu untuk melayani sekitar 400 minimarket, apakah di sana jumlahnya akan segitu di sana? Mesti dipikirkan formatnya yang benar. Kalau minimarket tidak memungkinkan, mungkin bisa dibuka level supermarket, dua atau tiga unit mungkin cukup di satu wilayah,” ujar Yongky, Rabu (27/4/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper