Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Elon Musk Utus Perwakilannya Datang ke Indonesia, Siap Investasi?

Pada tahun lalu, Tesla sempat disebut-sebut bakal mengembangkan baterai lithium di Indonesia, namun batal.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 26 April 2022  |  15:51 WIB
Founder Tesla Elon Musk -  Bloomberg
Founder Tesla Elon Musk - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan bertemu langsung dan membahas sejumlah isu penting dengan CEO Tesla Inc. Elon Musk, termasuk menjajaki peluang investasi di Indonesia. 

Adapun dalam rombongan tersebut juga hadir Anindya Bakrie, yang dikenal sebagai Ketua Umum Dewan Pertimbangan Kadin dan Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR).

Turut serta Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani dan mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, yang sekarang telah menjabat penasihat khusus di sektor teknologi Kemenko Marves.

Kabar ketertarikan Tesla dan Elon Musk berinvestasi di Tanah Air memang sudah sering terdengar. Pria yang baru saja mengakuisisi Twitter tersebut tercatat maju mundur dalam rencana investasi di Indonesia. 

Pada tahun lalu, misalnya, Tesla sempat disebut-sebut bakal mengembangkan baterai lithium di Indonesia, namun batal. Selanjutnya, pada awal tahun ini, Elon Musk menyatakan minatnya berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membangun situs peluncuran SpaceX. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Lalu, apakah pertemuan kali ini juga jadi momentum Menko Luhut memastikan investasi Tesla di Indonesia?

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani mengamini bahwa Elon Musk tertarik untuk berinvestasi untuk berinvestasi di baterai kendaraan listrik. Bahkan, menurutnya, Menko Marves juga menawarkan Tesla untuk membuat pabrik di Indonesia.

“Tesla akan mengirimkan timnya pada pertengahan bulan Mei untuk melihat dan me-review langsung tempat dan kesiapan resources kita,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (26/4/2022). 

Adapun, terkait kemungkinan kerja sama dengan Indonesia Battery Corporation (IBC), Rosan mengatakan hal tersebut masih terbuka. Hanya saja, hal tersebut akan dibicarakan setelah perwakilan Tesla tiba di Jakarta. 

Pada kesempatan tersebut, rombongan RI juga untuk memaparkan program G20/B20, termasuk mengundang Elon Musk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 di pertengahan November ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tesla Motors elon musk rosan p roeslani Luhut Pandjaitan Kendaraan Listrik
Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top