Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waktu Berhenti di Rest Area Cuma 30 Menit, Pemudik Diminta Lakukan Hal Ini

Para pemudik diminta untuk mencari alternatif beristirahat di jalan arteri guna menghindari penumpukan di rest area.
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara/Oky Lukmansyah
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA – Selain pembatasan penggunaan rest area di jalan tol, para pemudik diminta untuk mencari alternatif di jalan arteri guna menghindari kemacetan di jalan tol akibat antrean masuk kendaraan yang ingin menggunakan fasilitas tersebut selama arus mudik.

Plh. Anggota BPJT unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin mengatakan rest area menjadi salah satu titik kemacetan pada saat arus mudik berlangsung. Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak memaksakan apabila kondisi rest area sudah terlampau penuh.

Dia mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan lokasi-lokasi rest area terdekat dan pintu keluar tol terdekat agar masyarakat dapat mencari alternatif.

"Kami minta BUJT memberikan informasi kepada pelanggan untuk tidadk masuk ke rest area apabila penuh, dan menginformasikan rest area terdekat di mana dan exit tol ada di mana, sehingga pengguna jalan tol punya alternatif jika ingin isi BBM dan mencari makanan, sehingga punya antisipasi dan tidak memaksakan ke rest area sehingga tidak menyulitkan bagi mereka," ujarnya kepada media, Rabu (20/4/2022).

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono mengatakan para pemudik tidak perlu takut untuk keluar dari jalan tol. Menurutnya, tarif tol yang dikenakan pada Jalan Tol Trans Jawa tidak dikenakan dengan sistem terbuka, melainkan tertutup.

Kris menjelaskan penetapan tarif sistem terbuka yaitu adalah penghitungan tarif sesuai dengan jarak tempuh pengguna sehingga tarif jalan tol yang dikenakan ke pelanggan tidak akan besar.

"Perhitunganya tepat kilometer travel panjangnya bergerak dikalikan tarif, tidak perlu kahwatir ada penambahan tarif, ini memberikan alternatif pengguna jalan tol kalau fasilitas di dalam jalan tol terbatas. Dengan demikian kalau perlu istirahat, isi bahan bakar, top up uang elektronik kalau kondisinya terbatas di jalan tol, silahkan keluar gerbang terlebih dahulu, ponuhi kebutuhan tersebut, baru masuk lagi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper